Lompat ke konten
Home » Jual Bibit Pohon Sengon Unggul Bergaransi

Jual Bibit Pohon Sengon Unggul Bergaransi

  • oleh

Jual Bibit Pohon Sengon Berbagau Ukuran Berkualitas Unggul

Jual Bibit Pohon SengonJual Bibit Pohon Sengon
Jual Pohon Sengon 1 2 meter upJual Pohon Sengon 1 2 meter up
Jual Bibit Pohon Sengon BerkualitasJual Bibit Pohon Sengon Berkualitas
Jual Bibit Pohon Sengon UnggulJual Bibit Pohon Sengon Unggul
Jual Pohon SengonJual Pohon Sengon
Jual Bibit Pohon Sengon Termurah dan BergaransiJual Bibit Pohon Sengon Termurah dan Bergaransi
Terjual 1000+ | Rating:

Jual Bibit Pohon Sengon | Jual Bibit Tanaman Sengon |Jual Bibit Tumbuhan Sengon

Jual Bibit Pohon Sengon – Kami jual berbagai ukuran Pohon Sengon, mulai bibit sampai ukuran sedang, dan melayani penyediaan tanaman dalam sekala besar.

  • Jual Bibit Pohon Sengon
  • Jual Pohon Sengon Tinggi 1 Meter
  • Jual Pohon Sengon Tinggi 2 Meter
  • Jual Pohon Sengon Tinggi 3 Meter
Promo Diskon!
Untuk Pembelian Berskala Besar

Karena Harga Tanaman Pohon Sengon Yang Dapat Berubah Ubah Untuk list Harga Jual lebih lengkap bisa menghubungi kami melalui SMS/TELPON/WA di : 081272952618

Kami Melayani Pengiriman Ke Seleruh Indonesia

Pengirman 12
Pengiriman 37

Metode Pembayaran:

Kami hanya melayani pembayaran melalui bank BRI atas nama CV. Agrotani Sejahtera.

Jasa Pengiriman :

Kami Melayani Pengiriman Ke Seluruh Indonesia.

Keuntungan / Benefit yang akan anda dapat dengan membeli produk di perusahaan kami:

Keuntungan Belanja Di Agrotani Sejahtera

Berikut ini adalah beberapa klien dari CV. Agrotani Sejahtera :

Partner CV. Agrotani Sejahtera

Kami Melayani Pengiriman Ke Seleruh Indonesia

Jawa Timur

Meliputi : Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowos, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Surabaya.

Jawa Tengah

Meliputi : Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobokan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudu, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Salatiga, Surakarta.

Jawa Barat

Meliputi : Bandung, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, Cimahi, Depok.

Bali

Meliputi : Bandung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar

Banten

Meliputi : Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Cilegon.

Yogyakarta

Meliputi : Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta

Kami Juga Melayani Pengiriman Luar Pulau

Meliputi : Kalimantan, Sumatera, Papua, dan Sulawesi

Logo CV Agrotani Sejahtera

CV AGROTANI SEJAHTERA – Jual Tanaman Dan Ikan Koi

MENDATANGKAN HASIL TERBAIK, MEMUASKAN CUSTOMER

Kami Agrotani Sejahtera merupakan sebuah usaha yang bergerak di Bidang Kontraktor Pembuatan Taman, Penghijauan, Pembuatan Kolam Ikan Koi dan Suplier Tanaman serta Ikan Koi.

Proses jasa pengerjaan di lakukan oleh tenaga ahlinya yang berpengalaman di bawah pengawasan dan pengerjaan langsung konsultan kami.

Kami sudah sangat teruji kualitas, nilai seni, tanpa mengesampingkan faktor keamanan. Karena faktor keamanan dalam proses penanaman, pembuatan taman dan kolam, sebelum atau setalah jadi sangatlah penting. Apalah arti keindahan jika mengancam keselamatan.

Tak perlu khawatir, untuk Anda yang memiliki budget terbatas karena jasa pembuatan taman akan membantu melayani sistem paket dan memberikan saran yang tepat untuk kebutuhan taman Anda.

Perusahaan kami merupakan penyedia berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman hias, bibit, pohon besar, pohon fosil, hingga tanaman tanaman langka.

Selain sebagai kontraktor taman dan penyedia tanaman kami juga  bergerak pada bidang perikanan tepatnya Ikan Koi.

Kami juga melayani jasa pembuatan kolam ikan koi yang sudah diperpacaya banyak pelanggan kami.

Kami senantiasa memberikan Pelayanan terbaik dan memprioritaskan Kepuasan Customer disetiap project yang kami kerjakan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara.

PELAYANAN KAMI

Penyedia Tanaman Hias, Bibit, Pohon Besar, Pohon Fosil, dan Pohon Langka.

Ready Stock untuk berbagai Macam tanaman, mulai dari tanaman hias, Bibit Buah, bibit pohon, Pohon besar, pohon fosil, dan pohon langka. Dengan tanaman yang lengkap akan membantu anda mendapatkan berbagai jenis tanaman yang mudah untuk di dapat di perusahaan kami.

Jasa Penghijauan dan Reboisasi

Sudah dipercaya oleh Pemerintah dan Corporate besar untuk Reboisasi atau Penghijauan Kota. Hal ini sudah teruji dan sudah dirasakan oleh banyak kalangan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara

Jasa Landscape Taman

Keindahan taman mampu memberikan energi positif dalam diri Manusia. Pastikan Rumah, Kantor atau Istana Anda di hiasi oleh taman Indah karya Kami.

Kami melayani landscape tamaman, penyediaan tanamannya, dan hingga dalam penanamannya Anda dapat mempercayakan pada kami.

Penyedia Berbagai Jenis Ikan Koi

Kami menyediakan berbagai jenis, ukuran serta variasi umur ikan koi yang berkualitas dengan warna yang tajam, berasal dari indukan terbaik sehingga menghasilkan ikan koi grade a. Stok ikan yang kami sediakan juga kontinyu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hobi anda.

Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi

Jasa pembuatan kolam ikan koi berpengalaman dan terpercaya, dikerjakan oleh tenaga ahli profesional dan sudah berpengalaman untuk menjamin kepuasan konsumen.

Dengan adanya kolam ikan di sekitar rumah, kita dapat melihat ikan – ikan yang dapat menenangkan pikiran dan dapat menghilangkan stres.

KEUNGGULAN KAMI

Kami Selalu berfokus pada Kepuasan Customer dengan memberikan Solusi terbaik disetiap project nya. Inilah yang membuat mereka repeat order dan merekomendasikan kepada Kami

Tanaman dan Ikan Koi Berkualitas Premium

Tanaman dan Ikan Koi yang di berikan oleh Agrotani Sejahtera berkualitas tinggi, Karena pemilihan Tanaman maupun Ikan Koi tersebut langsung dengan Ahlinya, dan dengan pembudidayaan oleh tim kami sendiri yang sudah berpengalaman bertahun tahun.

Berpengalaman Lebih Dari 10 Tahun

Pengalaman yang matang akan menghasilkan kesempurnaan. Tanpa pengalaman yang matang, tidaklah mampu seseorang menghasilkan kesempurnaan. Maka dari itu Kami selalu menjadi Pilihan dan rekomendasi berbagai Kalangan untuk pembuatan Project Penghijauan, Pembuatan Kolam, dan penyedia tanaman maupun ikan koi.

Fokus Pada Kepuasan Pelanggan

Profesionalitas merupakan aspek utama kepuasan customer. Pengalaman tanpa profesionlitas? Nol besar !! Berita baiknya, jasa pembuatan taman dan kolam ikan koi kami sangat menjunjung tinggi profesionalitas. Jadi, saat jasa pembuatan kami merealisasikan taman dan kolam impian Anda, profesionalitas kamilah yang akan membuat Anda puas.

Harga Terjangkau & Garansi Penuh

Agrotani Sejahtera memberikan harga Terjangkau di setiap pelayanan kami dan memberikan Full garansi untuk setiap project dan produk yang dikirimnya.

Melayani Pengiriman Keseluruh Indonesia

Kami melayani pengiriman keseluruh Indonesia karnea kami sudah melakukan kejasama dengan berbagai ekspedisi di Indonesia.

BERIKUT BEBERAPA PROJEK PENANAMAN PENGHIJAUN KAMI

Kami telah dipercaya oleh banyak Kalangan terkaituntuk menyelesaikan projek penghijauan, Bunga dan Pohon. Mereka sudah merasakan kerjasama Project bersama kami dan menghasilkan Kepuasan.

  1. Pengerjaan Kolam Dan Taman di PT MHI
  2. Penanaman di PT IMIP MOROWALI
  3. Penghijauan Tol Jombang
  4. Pengerjaan Penghijauan Tol di Mojokerto dengan PT ADHI KARYA
  5. Suplay Tanaman Penghijauan Area Industri Untuk PT GUDANG GARAM KEDIRI
  6. Pengerjaan Penghijauan Kawasan Pesisir Di Jawa Timur Dengan Kementrian Kelautan Perikanan
  7. Dst.

Mengenal Pohon Sengon

Pohon Sengon, Mengenal Ciri – Ciri, Jenis, dan Manfaat

Pohon sengon (Falcataria moluccana) adalah sejenis pohon cepat tumbuh yang berasal dari Asia Tenggara yang masuk dalam anggota jenis pohon suku Fabaceae.

Pohon ini memiliki daun majemuk yang besar dan tumbuh dengan cepat, membuatnya populer dalam industri kehutanan untuk produksi kayu.

Kayu sengon sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti konstruksi ringan, kertas, dan produksi furnitur.

Selain itu, sengon juga memiliki peran penting dalam peningkatan produktivitas lahan dan pelestarian lingkungan, pohon ini sering digunakan sebagai tanaman penghijauan di berbagai tempat terutama pada tepian jalan perkotaan.

Kenapa tanaman ini mudah ditemukan ? karena tanaman ini memiliki sifat adaptif yang tinggi dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah dan juga memiliki pertumbuhan yang cukup cepat.

Klasifikasi Pohon Sengon

Pohon Sengon Untuk Penghijuan

Berikut ini klasifikasi taksonomi dari pohon sengon :

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
SubkelasRosidae
OrdoFabales
FamiliFabaceae
GenusFalcataria
SpesiesFalcataria moluccana

Kerajaan: Plantae (Tumbuhan) – Pohon sengon termasuk dalam kerajaan Plantae karena merupakan organisme multiseluler yang melakukan fotosintesis.

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga) – Pohon sengon termasuk dalam divisi Magnoliophyta karena memiliki bunga yang berkembang dengan benar, yang merupakan karakteristik utama dari tumbuhan berbunga.

Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledon) – Pohon sengon termasuk dalam kelas Magnoliopsida karena memiliki dua kotiledon dalam embrio bijinya dan memiliki bunga yang terdiri dari kelopak dan mahkota.

Ordo: Fabales – Pohon sengon termasuk dalam ordo Fabales, yang mencakup tumbuhan berbunga yang memiliki polong sebagai buahnya. Ordo ini juga mencakup berbagai tumbuhan penting seperti kacang-kacangan dan polong-polongan.

Famili: Fabaceae (Suku Polong-polongan) – Pohon sengon termasuk dalam suku Fabaceae karena memiliki buah berbentuk polong dan bunga dengan corolla yang berbentuk kupu-kupu.

Genus: Falcataria – Pohon sengon termasuk dalam genus Falcataria, yang mencakup beberapa spesies pohon yang tersebar di wilayah Asia Tenggara dan Pasifik.

Spesies: Falcataria moluccana – Pohon sengon memiliki nama spesies moluccana, yang merujuk pada wilayah Maluku di Indonesia tempat pohon ini pertama kali ditemukan.

Dengan demikian, klasifikasi ini membantu mengelompokkan pohon sengon ke dalam hierarki taksonomi yang lebih luas, yang mempermudah pemahaman tentang hubungan evolusioner dan karakteristik yang dimilikinya.

Ciri – Ciri Pohon Sengon

Klasifikasi Taksonomi Pohon Sengon
Klasifikasi Taksonomi Pohon Sengon

Pohon Sengon memiliki ciri – ciri karakter yang dapat di amati dan terlihat secara mata telanjang dan cukup mudah untuk dikenali jika di sandingkan dengan pohon lainnya, berikut ini ciri – ciri dari tanaman pohon sengon :

Akar

Akar pohon sengon memiliki jenis akar tunggang, yang istimewa dari akar pohon ini adalah akarnya dapat menyediakan oksigen di dalam tanah dan akar pohon sengon dapat membuat porositas pada tanah lebih baik.

Dengan begitu tanah di sekitar pohon sengon memiliki kualitas tanah yang baik, subur dan cocok untuk di tanami berbagai jenis tanaman.

Bentuk Pohon: Sengon memiliki bentuk pohon yang tinggi dan tegap dengan cabang yang menyapu secara horizontal.

Daun

Daun Pohon Sengon

Daun sengon berbentuk majemuk genap, dengan anak daun tersusun menjari dan panjang, bentuknya menyerupai perisai dan memiliki pertumbuhan daun yang rindang, sehingga pohon ini banyak digunkana sebagai tanaman peneduh, penaung, atau tanaman untuk penghijauan.

Panjang daun pohon sengon kurang lebih 23 sampai 30 cm, memiliki anak daun dengan ukuran kecil, berjumlah banyak, dan berpasang pasangan, serta terdiri kurang lebih 20 pasang di setiap tangkai daunnya.

Daunnya memiliki bentuk lonjong, pada bagian atas daunnya memiliki warna permukaan hijau pupus dan pada permukaannya tidak berbulu, sedangkan pada bagian bawah daun memiliki warna yang lebih pucat serta terdapat bulu – bulu yang halus.

Daunndari pohon sengon banyak mengandung protein, maka dari itu daunnya biasanya dijadikan sebagai pakan ternak, seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Selain itu daun – daun pohon sengon yang berguguran juga dapat dijadikan sebagai pupuk alami dan untuk kebutuhan nutrisi untuk pohon sengon itu sendiri maupun tanaman di sekitarnya.

Batang

sengon solomon

Batang pohon sengon pada umumnya memiliki karakter batang yang tidak bernair, memiliki bentuk silindris, dan memiliki pertumbuhan lurus. Dengan kulit pada pohon memiliki ciri karakter yang licin, dengan warna abu – abu atau kehijauan.

Pohon sengon adalah salah satu dari banyaknya jenis pohon yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat jika di bandingkan dengan pohon jenis lainnya.

Pada usianya di 1 tahun pertama tinggi pohon sengon ini dapat mencapai hingga 7 meter, ketika pohon sengon sudah berumur 12 tahun dapat mencapai ketingiian hingga 39 meter, dengan diamater pohon dapat mencapai 60cm bahkan lebih dan dengan tinggi cabang 10 – 30 meter.

Pohon sengon yang sudah berumur tua dapat tumbuh hingga ketinggian 40 meter bahkan lebih, dan dengan diamater pohon dapat mencapai 1 meter atau lebih.

Pertumbuhan cabang dari pohon sengon melebar dan mendatar kanopinya akan membentuk seperti kubah atau payung hampir meyerupai pohon trembesi,

Bunga

Bunga

Bunga sengon memiliki bentuk yang khas dengan kelopak yang menyerupai sayap kupu-kupu atau kupu-kupu yang sedang terbang.

Biasanya bunga sengon memiliki warna putih, putih kekuningan atau krem. Dan pada bunganya sedikt berbulu.

Bunga sengon relatif kecil dan terkumpul dalam kelompok yang disebut dengan infloresensi, tersusun dalam malai swngan panjang kurang kebih 12 mili meter.

Bunga pohon sengon memiliki 2 jenis kelamin, bunga sengon terdiri dari bagian-bagian seperti kelopak yang melindungi mahkota bunga yang terletak di bagian dalam. Bunga sengon biasanya tidak memiliki aroma yang kuat atau mencolok.

Umumnya pohon sengon akan berbunga pada bulan Maret hingga Juni, dan pada bulan Oktober hingga Desember, terkadang juga tidak pada bulan bulan tersebut tergantung pada iklim pada saat itu.

Buah dan Biji

Buah dan Biji

Buah sengon berbentuk polong yang panjang, pipih, tipis dan tidak bersayap, dan panjang buanya kurang lebih 13cm dengan lebar 2 cm, serta pada setiap buahnya berisikan biji denga jumlah 15 hingga 20 biji.

Pada usia buah yang masih muda berwarna hijau dan ketika buah sudah tua atau masang buah akan berubah berwarna kuning, coklat hingga kehitaman, dan ketika sudah masak, biji yang berada di dalam buah akan terlepas secara alami.

Biji pada buah pohon sengon memiliki ketahanan yang cukup lama dengan syarat kadar air pada biji tersebut rendah sekitar 6 – 8% atau bisa disev=but biji ortodok.

Dengan biji berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah warna menjadi kecoklatan ketika biji sudah tua.

Habitat

Sengon (Falcataria moluccana) adalah sejenis pohon yang berasal dari Papua Nugini dan Indonesia bagian timur, termasuk Maluku dan Papua.

Pohon ini memiliki habitat alami di daerah hutan tropis dataran rendah hingga dataran tinggi dengan curah hujan yang cukup tinggi, sekitar 1500 hingga 4000 mm per tahun.

Sengon dapat tumbuh dengan baik di tanah yang subur dan lembab. Namun, pohon ini juga dapat tumbuh di tanah-tanah yang kurang subur dan berpasir, asalkan mendapatkan cukup air.

Sengon tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki suhu harian rata-rata antara 25°C hingga 30°C.

Persebaran alami sengon meliputi wilayah Indonesia bagian timur, khususnya di Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Namun, karena sifatnya yang cepat tumbuh dan adaptables, sengon juga telah diperkenalkan dan ditanam di berbagai wilayah di Indonesia serta di beberapa negara lainnya dengan iklim tropis, seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Laos, Australia, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa ciri-ciri yang dapat membantu mengidentifikasi pohon sengon (Falcataria moluccana).

Jenis Pohon Sengon

Pohon Sengon di Indonesia memiliki beberapa varian yang tumbuh dan terkenal, berikut ini jenis tanaman sengon yang terkenal, tumbuhan, dan dibudidayakan di Indonesia :

  1. Sengon Solomon
sengon solomon

Sengon solomon adalah jenis pohon sengon yang memilihi pertumbuhan yang dapat lebih tinggi dari jenis sengon lainnya.

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
SubkelasRosidae
OrdoFabales
FamiliFabaceae
GenusParaserianthes
SpesiesParaserianthes falcataria (L.) I.C. Nielsen

Tabel di atas adalah tabel klasifikasi taksonomi dari Pohon Sengon Solomon.

Selain itu tanaman sengon solomon memiliki pertumbuhan yang cepat, karena itu banyak petani yang membudidayakan tanaman ini untuk diperjual belikan dalam bentuk kayu saat sudah besar, atau dijual dalam usia bibit untuk di budidayakan atau untuk dijadikan tanaman penghijauan.

Tumbuhan Sengon Solomon ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 14 meter di usia 2 tahun. Dengan pertumbuhan cabang yang tidak terlalu banyak dan cabangnya relatif lurus.

Sengon Solomon ketika sudah berusia 5 tahun akan memiliki batang dengan cabang bebas yang panjangnya mencapai 15 – 20 meter, dan pada usia ini biasanya dilakukan pemanenan oleh pembudidaya.

  1. Sengon Buto / Sengon Merah

Pohon Sengon Buto / Sengon Merah adalah jenis pohon sengon yang memiliki pertumbuhan yang paling cepat dengan jenis atau varietas lainnya.

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
SubkelasRosidae
OrdoFabales
FamiliFabaceae
GenusEnterolobium
SpesiesEnterolobium cyclocarpum (Jacq.) Griseb.

Tabel di atas adalah klasifikasi taksonoi dari pohon sengon buto / merah.

Selain pertumbuhannya yang cepat sengon jenis ini memiliki tajuk yang rindang dan memiliki pertumbuhan akar yang cukup dalam.

Dengan tajuknya yang rindang tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman utnuk reboisasi atau penghijauan, dan pertumbuhan akarnya yang dalam dan kuat juga dapat dimanfaatkan untuk konservasi tanah dan air.

Pertumbuhannya yang cepat juga membuat tanaman ini sering dibudidayakan dan dimanfaatkan kayunya sebagai bahan industri kayu.

Sesuai dengan namanya sengon buto / merah memiliki kulit berwarna coklat kemerahan dengan tektur kulit yang kasar.

Daunnya berukuran kecil dengan susunan daun pinnate, pada umur 5 tahun pohon sengon Buto akan mulai berbunga dan pada usia 6 tahun akan dapat berbuah.

  1. Sengon Laut

Sengon Laut memiliki nama ilmiah Paraserianthes falcataria, atau di beberapa darah biasa disebut dengan nama Jeunjing, sika, selawu, bae, bai, wai, wahogon, dan masih banyak lagi.

KingdomPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoFabales
FamiliFabaceae
SubfamiliMimosoideae
GenusParaserianthes
SpesiesParaserianthes falcataria

Di atas adalah klasifikasi dari Sengon Laut Paraserianthes falcataria.

Pohon sengon Laut dapat tumbuh mencapai ketinggian hingga 40 meter dan dengan diamater pohon dapat mencapai 100cm, umumnya batang utama pohon ini lurus dan atau silindris, dengan tinggi batang bebas cabang mencapai 20 meter.

Batang pohon ini memiliki warna kelabu atau keputihan putihan dengan tekstur licin, tajuknya cukup rindang membentuk seperti payung dan pertumbuhan caban cabangnya cukup renggang.

  1. Sengon Tekek
sengon tekek
sengon tekek

Sengon Tekek ciri ciri pohon ini kurang lebih sama dengan sengon laut hanya saja yang membedakan dari segi bagian ujung batang yang emmiliki warna coklat kemerah – merahan.

Karena kayu yang dihasilkan dari sengon tekek ini tidak terlalu kuat dan mudah patah jika dibandingkan dengan kayu sengon jenis lainnya., pemanfaattannya sendiri sering digunakan sebagai kayu bakar atau untuk bahan pembuatan kertas atau triplek.

Manfaat Pohon Sengon

Pohon Sengon Untuk Penghijuan
Pohon Sengon Untuk Penghijuan

Poho Sengon memiliki beragam manfaat yang sangat penting untuk manusia, hewan, dan lingkungan sekitar, berikut ini beberapa manfaat dari pohon sengon :

Kesejahteraan Lingkungan

Sengon merupakan pohon yang cepat tumbuh dan memiliki kemampuan baik dalam menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara. Oleh karena itu, penanaman sengon dapat membantu dalam mengurangi kadar CO2 di udara dan memperbaiki kualitas udara.

Sebagai Pohon Penghijauan

Pohon Sengon memiliki tajuk yang cukup luas dan memiliki pertumbuhan daun yang rindang, jadi tanaman ini juga cocok dijadikan sebagai tanaman penghijauan, peneduh atau pelindung di berbagai tempat.

Pendapatan Ekonomi

Kayu sengon memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena cepat tumbuhnya dan kemampuannya dalam produksi kayu berkualitas. Dengan demikian, penanaman sengon dapat menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan bagi masyarakat, terutama dalam industri kayu.

Perlindungan Tanah

Akar sengon yang kuat dapat membantu mencegah erosi tanah dan melindungi tanah dari longsor. Penanaman sengon di lereng-lereng bukit atau daerah rawan erosi dapat membantu menjaga kelestarian tanah.

Pemanfaatan Lahan Tidak Produktif

Sengon dapat tumbuh dengan baik di lahan-lahan yang tidak produktif atau kurang subur. Dengan memanfaatkan lahan-lahan tersebut untuk penanaman sengon, maka lahan yang sebelumnya tidak dimanfaatkan secara optimal dapat menjadi produktif.

Konservasi Air

Penanaman sengon dapat membantu dalam menjaga ketersediaan air di suatu daerah. Sengon memiliki daun yang lebat sehingga dapat mengurangi penguapan air dari tanah, serta akarnya yang dapat menyerap air hujan dengan baik, sehingga membantu dalam menjaga ketersediaan air tanah.

Daun Yang Mengandung Banyak Protein

Daun dari pohon sengon banyak mengandung protein, daun tanaman ini banyak digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Buah Yang Menyehatkan

Biji dari buah pohon sengon juga memiliki manfaat untuk kesahatan tubuh manusia, dalam pengobatan tradisional bijinya dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penyakit darah tinggi, kolesterol, dan asam urat.

Dengan mempertimbangkan manfaat-manfaat tersebut, penanaman sengon dapat menjadi salah satu solusi yang efektif dalam upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Cara Menanam dan Merawat Pohon Sengon

  1. Pemilihan Lokasi

Pilihlah lokasi yang mendapatkan sinar matahari yang cukup dan memiliki akses air yang baik. Pastikan juga tanahnya cukup gembur dan memiliki drainase yang baik.

  1. Persiapan Tanah

Lakukan pemanggilan lahan dengan membersihkan gulma dan material organik lainnya. Pastikan tanah sudah cukup subur dengan melakukan analisis tanah dan memberikan pupuk organik jika diperlukan agar tanah memiliki nutrisi yang cukup untuk pohon.

  1. Penanaman Bibit

Siapkan lubang tanam dengan ukuran yang cukup besar, sesuaikan dengan ukuran akar bibit sengon.

Letakkan bibit sengon ke dalam lubang tanam dengan posisi akar yang tegak lurus dan akar serabutnya tidak terlilit.

Tutup lubang tanam dengan tanah dan padatkan dengan lembut agar bibit sengon tidak bergeser dan akar tidak rusak.

  1. Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur terutama pada awal penanaman untuk membantu akar bibit menyebar dan tumbuh dengan baik. Setelah bibit tumbuh, penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman, terutama pada musim kemarau.

  1. Pemeliharaan Tanaman

Lakukan penyiangan secara berkala untuk membersihkan gulma di sekitar tanaman sengon yang dapat mengganggu pertumbuhannya.

Berikan pupuk secara teratur untuk mendukung pertumbuhan tanaman sengon. Pilihlah pupuk yang mengandung unsur hara lengkap.

Lakukan pemangkasan cabang yang rusak atau tidak diinginkan untuk merangsang pertumbuhan cabang baru dan membentuk struktur pohon yang baik.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit

Perhatikan tanda-tanda serangan hama dan penyakit pada tanaman sengon seperti daun yang menguning, layu, atau ada bekas gigitan serangga.

Jika terjadi serangan hama atau penyakit, lakukan pengendalian dengan cara yang sesuai, baik dengan penggunaan pestisida organik maupun metode pengendalian hama dan penyakit lainnya.

  1. Pemeliharaan Drainase

Pastikan sistem drainase di sekitar tanaman sengon berfungsi dengan baik untuk mencegah genangan air yang dapat merusak akar tanaman.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut secara berkala dan konsisten, Anda dapat menanam dan merawat pohon sengon dengan baik sehingga dapat tumbuh dengan optimal dan memberikan manfaat yang diharapkan.

FAQ

Pertanyaan tentang Pohon Sengon

Apa Manfaat dari kayu sengon ?

Kayu sengon banyak dimanfaatkan dalam dunia industri sebagai bahan utaman dalam pembuatan berbagai peralatan, seperi untuk beberapa bahan dalam pembuatan rumah, pembuatan kertas, triplek, korek api, peti, perahu, dan masih banyak lagi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan pohon sengon untuk mencapai ukuran penebangan?

Pohon sengon merupakan salah satu jenis pohon cepat tumbuh, dan biasanya dapat mencapai ukuran yang cocok untuk penebangan dalam waktu sekitar 5-8 tahun setelah ditanam, tergantung pada kondisi lingkungan dan perawatan yang diberikan.

Apakah pohon sengon dapat tumbuh di semua jenis tanah?

Pohon sengon dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, tetapi lebih baik tumbuh di tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara. Namun, dengan pemeliharaan yang tepat, pohon sengon juga dapat tumbuh di tanah-tanah yang kurang subur.

Jika ingin menanam tanaman kelengkeng ini, dan membutuhkan tanaman ini sebagai tanaman halaman anda atau untuk kebutuhan proyek penghijauan.

Perusahaan kami CV. Agrotani Sejahtera yang menyediakan berbagai ukuran dari tanaman Kaki Gajah maupun jenis tanaman lainnya dengan kualitas terbaik dan tentunya harga yang bersahabat  juga.

Kami kelompok usaha tani yang bergerak di bidang penyediaan tanaman untuk penghijauan.

Tanaman yang kami jual merupakan hasil langsung dari petani maka dari itu tanaman dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk menanyakan harga atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPHONE 081272952618. Informasi lebih lengkap KLIK DISINI

Baca Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *