Lompat ke konten
Home » Pohon Palem Putri : Penjelasan, Klasifikasi, Ciri – Ciri dan Manfaat

Pohon Palem Putri : Penjelasan, Klasifikasi, Ciri – Ciri dan Manfaat

Palem Putri, Pohon Palem Hijau dan Indah

Pohon Palem Putri (Veitchia merilli) adalah pohon palem yang berasal  dari daerah Filipina yang sering digunakan sebagai tanaman hias di berbagai tempat, seperi pada taman, halaman rumah, sekitar kantor, dan di tepian jalan.

Palm putri juga dikenal sebagai Chrismas palm, Adonidia palm, dan juga palem raja mini, dikenal dengan nama Chrismas palem karena  pada saat menjelang libur musim natal palem putri akan berbuah, dan buahnya berukuran kecil dengan warna merah yang cerah dan cukup mencolok.

Pohon Palem Putri

Selain itu pohon palem putri juga sering dibilang palem raja mini, karena karakternya yang mirip dengan palem raja hanya saja pada palem putri memiliki pertumbuhan daun yang lebih lebar dan warna daunnya juga lebih hijau serta pertumbuhan batangnya tidak sebesar dan setinggi palem raja.

Klasifikasi Taksonomi Pohon Palem Putri

Klasifikasi Tanaman Pohon Palem Putri

Berikut ini Klasifikasi taksonomi dari pohon palem putri (Veitchia merilli).

KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusVeitchia
SpeciesMerilli
  1. Kerajaan: Plantae

Palem Veitchia merillii termasuk dalam kerajaan Plantae karena merupakan organisme yang melakukan fotosintesis dan memiliki sel-sel eukariotik.

  1. Divisi: Magnoliophyta

Palem Veitchia merillii termasuk dalam divisi Magnoliophyta (dikenal juga sebagai Angiospermae) karena memiliki bunga dan biji yang tertutup oleh ovarium.

  1. Kelas: Liliopsida

Palem Veitchia merillii termasuk dalam kelas Liliopsida karena memiliki satu cotyledon (daun embrio) pada bijinya dan pembuluh tumbuhan yang tidak terdiri dari kayu keras dan kayu sekunder.

  1. Ordo: Arecales

Palem Veitchia merillii termasuk dalam ordo Arecales, yang terdiri dari tanaman-tanaman berbunga dalam keluarga Arecaceae (palem-paleman).

  1. Famili: Arecaceae

Palem Veitchia merillii termasuk dalam famili Arecaceae (palem-paleman), yang dikenal dengan karakteristik daun-daun yang besar dan serupa kipas serta batang yang sering kali berbentuk tunggal atau bercabang.

  1. Genus: Veitchia

Palem Veitchia merillii termasuk dalam genus Veitchia, yang merupakan genus yang mencakup beberapa spesies palem, termasuk palem ini. Genus ini dinamai untuk menghormati James Veitch & Sons, sebuah perusahaan taman yang bersejarah di Inggris.

  1. Spesies: merillii

Spesies palem ini dinamai sebagai “merillii” untuk menghormati ahli botani Inggris, Dr. Elmer Drew Merrill, yang melakukan banyak penelitian penting tentang flora Asia Tenggara.

Ciri – Ciri Pohon Palem Putri

Ciri Pohon palem Putri

Berikut adalah beberapa ciri pohon palem putri (Veitchia merillii) beserta penjelasannya:

Batang Tunggal

Batang

Pohon Palem Putri ini memiliki batang tunggal yang ramping, tegak lurus dan kokoh. Batang ini biasanya halus dan berwarna hijau kecoklatan, tetapi dapat menjadi sedikit kasar di bagian bawah pada pohon yang lebih tua.

Pohon palem putri pada habitat dan perawatan tertentu dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 7,5 meter, tetapi pada umumnya palm ini bertumbuh dengan ketinggian sekitar 5 meter.

Ini membuatnya cocok untuk berbagai lingkungan taman dan lanskap.

Pohon palem ini umumnya tidak memiliki duri atau bekas pelepah yang tajam dan berbahaya, membuat membuat pohon palm putri aman untuk ditanam di sekitar area yang sering dilalui manusia.

Daun

Daun

Daun Pohon palm Putri berbentuk pinnate, yang berarti daun-daunnya terdiri dari serangkaian daun kecil yang tumbuh berdampingan dari pangkal daun.

Daun tersebut panjang, ramping, dan tumbuh dalam susunan spiral di sepanjang batang pohon.

Daunnya halus dan pada ujung daun pada palem putri cenderung tajam tetapi tidak berbahaya karena daunnya tidak terlalu keras atau kaku

Buah Merah

Batang

Saat Pohon Palem Putri mencapai kedewasaannya atau sudah berumur, palem ini menghasilkan tandan buah kecil berwarna merah. Buah-buah ini muncul dari bunga-bunga kecil yang berkembang pada pohon.

Tanaman ini biasanya berbuah ketika pada musim libur natal, dengan buah berukuran kecil berwarna merah yang cerah, sehingga cukup ikonik saat natal seperti lapu natal berwarna merah yang indah.

Perbungaan Menarik

Tanaman Palm Putri juga memiliki bunga-bunga kecil yang muncul dalam tandan. Bunga-bunga ini umumnya berwarna putih dan memberikan tambahan keindahan pada pohon ketika bunga tersebut bermekar.

Akar Serabut

Sistem akar palem jenis ini umumnya berupa akar serabut yang terbentuk di sekitar pangkal batang. Ini membantu pohon untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah.

Toleran terhadap Kelembaban Tinggi

Palm Putri cenderung tahan terhadap kelembaban tinggi dan cocok untuk di tanam di daerah dengan iklim tropis ataupun subtropis.

Palem Putri adalah pilihan populer di kalangan penghobi kebun dan taman karena keindahan alaminya, kemudahan perawatan, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Habitat dan Persebaran Palem Putri

Habitat dan Persebaran Palm Putri

Pohon Palem Putri memiliki habitat alami di daerah tropis dan subtropis, khususnya di Filipina, yang merupakan asal tanaman ini.

Namun, karena popularitasnya sebagai tanaman hias, palem ini juga ditanam di berbagai wilayah dengan dengan iklim yang serupa di seluruh dunia. Berikut adalah penjelasan tentang habitat dan persebaran palm putri:

Habitat Asli

Tanaman Palem Putri biasanya ditemukan di hutan-hutan tropis yang cukup lembab dan daerah pantai di wilayah Filipina. Tanaman tersebut tumbuh subur di tanah yang kaya akan bahan organik dengan drainase yang baik.

Tanaman ini sering ditemukan tumbuh di daerah yang dekat dengan pantai atau sungai, di mana kelembaban udara di sekitarnya cukup tinggi.

Persebaran

Meskipun asalnya dari Filipina, palem Putri sekarang tersebar luas di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Tanaman ini sering ditanam sebagai tanaman hias di taman, kebun, tepian jalan perkotaan, tanaman pagar, dan pemandangan pantai di daerah-daerah dengan iklim serupa, seperti di Amerika Serikat (terutama Florida), Amerika Tengah, Karibia, Asia Tenggara, dan Australia dan salah satunya tidak salah lagi yakni di Indonesia yangmana sangat populer untuk di jadikan tanaman hias dan peneduh di berbagai tempat.

Toleransi Terhadap Iklim

Pohon Palm Putri cenderung tahan terhadap kelembaban tinggi dan dapat bertahan dalam kondisi cuaca panas tropis.

Tanaman palem ini juga memiliki toleransi terhadap angin pantai dan sedikit kekeringan, meskipun tetap membutuhkan penyiraman yang teratur tetapi juga cukup kuat saat kekeringan hanya saja mungkin akan membuat pertumbuhannya tidak maksimal.

Dengan demikian, habitat dan persebaran Pohon palem Putri meliputi daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, dengan preferensi terhadap tanah yang subur, drainase yang baik, dan kelembaban udara yang tinggi.

Manfaat Pohon Palem Putri

Manfaat Pohon palem Putri

Pohon Palem Putri memiliki beberapa manfaat, meskipun tidak semuanya langsung terkait dengan kesehatan manusia atau lingkungan sebagaimana tanaman obat atau tanaman pangan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman palm putri:

  1. Estetika Lanskap

Salah satu manfaat utama palem putri adalah keindahan estetikanya dari pohonnya. Tanaman satu ini dapat menambahkan keindahan tropis dan sentuhan eksotis pada lanskap, baik itu taman, kebun, atau pemandangan pantai, bahkan pada tepian jalan.

Daun hijau yang indah dan tandan buah merah yang menarik mata dan memberikan suasana yang menyegarkan di lingkuangan tersebut.

  1. Peningkatan Nilai Properti

Kehadiran tanaman hias yang menarik seperti palem putri ini dapat meningkatkan nilai properti di tanah yang di tanamani tersebut.

Tanaman-tanaman tropis yang dipelihara dengan baik dapat menjadi daya tarik utama bagi pembeli atau penyewa properti dan dapat meningkatkan harga dari properti tersebut.

  1. Habitat Satwa Liar

Buah-buahan yang dihasilkan oleh palem ini dapat menjadi sumber makanan bagi berbagai jenis burung dan serangga, dengan adanya pakan yang mencukupi dapat meningkatkan keragaman hayati dalam suatu area.

Tanaman ini juga memberikan tempat berteduh dan tempat persembunyian bagi hewan kecil.

  1. Kesehatan Emosional

Menjaga tanaman hias seperti Palm Putri juga dapat memberikan manfaat kesehatan emosional bagi pemiliknya. Merawat pohon dan menikmati keindahannya dapat memberikan ketenangan pikiran dan mengurangi stres.

  1. Mengurangi Pencemaran Udara

Seperti semua tanaman, palem Veitchia merillii juga membantu dalam menyerap karbon dioksida dari udara dan memproduksi oksigen, sehingga membantu dalam mengurangi pencemaran udara di sekitar lingkungan tempat tumbuhnya.

  1. Pertumbuhan Ekonomi

Tanaman ini juga memiliki manfaat ekonomi karena permintaan yang tinggi di pasar hias. Ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan di sektor kebun pembudidayaan pohon serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal di daerah di mana tanaman ini dibudidayakan.

Meskipun manfaat-manfaat ini tidak langsung terkait dengan kesehatan manusia atau lingkungan dalam arti yang tradisional, pohon palem putri masih memiliki nilai penting dalam konteks keindahan alam, kelestarian lingkungan, dan kesejahteraan manusia.

Pohon Palem Putri Sebagai Tanaman Hias

Palem Putri Untuk Estetika Landscape

Tanaman Palem Putri, dipilih sebagai tanaman hias karena beberapa alasan berikut ini:

Keindahan Estetika

Daun hijau yang indah dan batang yang ramping memberikan palem Veitchia merillii daya tarik visual yang menarim dan kuat.

Tanaman ini menambahkan sentuhan tropis dan eksotis pada lanskap dan dapat menjadi titik fokus yang menarik pada landscape tersebut.

Ukuran yang Cocok

Palm Putri cenderung tidak tumbuh terlalu besar seperti palem raja, membuatnya cocok untuk pekarangan rumah yang lebih kecil atau ruang terbatas.

Ketinggiannya yang moderat memungkinkan untuk penanaman di berbagai area, termasuk dalam pot atau wadah di teras atau halaman belakang.

Kemudahan Perawatan

Pohon Palem Putri relatif mudah untuk ditanam di berbagai tempat dan dirawat. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup, penyiraman teratur, dan pemupukan sesekali.

Hal ini membuat tanaman tersebut menjadi pilihan yang menarik bagi pemilik rumah yang mencari tanaman hias yang cantik tetapi membutuhkan perawatan yang minimal.

Toleransi terhadap Iklim

Tanaman palm putri ini tahan terhadap kelembaban yang tinggi dan dapat bertahan dalam kondisi cuaca panas tropis. Ini membuatnya cocok untuk tumbuh di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis ataupun subtropis.

Bunga dan Buah yang Menarik

Palem putri menghasilkan bunga-bunga kecil yang kemudian berkembang menjadi buah-buahan kecil berwarna merah yang cerah.

Buah ini menambahkan sentuhan warna pada tanaman dan menarik pandangan mata manusia, juga burung serta serangga, memberikan suasana alami yang hidup pada lanskap.

Kebutuhan Minim akan Pemangkasan

Pohon Palm Putri cenderung tidak memerlukan pemangkasan yang sering, kecuali untuk menghilangkan daun-daun yang mati atau rusak.

Ini membuat tanaman Palm Putri menjadi pilihan yang ramah bagi mereka yang mencari tanaman hias dengan perawatan yang rendah tetapi memberikan hasil yang cukup maksimal.

Keseluruhan, palem Putri adalah tanaman hias yang menarik dengan keindahan alaminya, kemudahan perawatan, dan berbagai fitur menarik lainnya, yang membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan penghobi kebun, taman, dan tanaman hias.

Cara Penanaman dan Perawatan Palem Putri

Penanaman dan Perawatan Palem Putri

Berikut adalah admin jelaskan cara menanam dan merawat pohon palem Putri:

  1. Pemilihan Lokasi

Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari cukup, namun juga memiliki sedikit teduh terutama saat siang hari.

Pastikan lokasi memiliki drainase yang baik untuk mencegah genangan air, atau anda juga bisa menanamnya pada sebuah pot.

  1. Persiapan Tanah

Gunakan tanah yang subur dan kaya akan bahan organik, seperti campuran sekam padi, tanah, dan pupuk, serta pastikan tanah memiliki pH yang seimbang, sekitar 6 hingga 7.

  1. Penanaman

Sediakan lubang tanam dengan kedalaman dan lebar dua kali diameter pot atau akar palem putri tersbut. Letakkan palem putri di lubang tanam dengan hati-hati, pastikan batangnya tegak lurus.

Isi kembali lubang dengan tanah dan padatkan secara perlahan-lahan untuk memastikan tanaman berdiri tegak.

  1. Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur, terutama pada musim kering atau saat tanaman masih muda, pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak tergenang air untuk mencega pembusukan arena terlalu lama tergenang air.

Kurangi penyiraman saat musim hujan untuk mencegah tanah menjadi terlalu lembab.

  1. Pemupukan

Berikan pupuk seimbang setiap bulan atau 1,5 bulan selama musim tumbuh aktif, mulai dari musim semi hingga akhir musim panas.

Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik atau NPK, pemupukan ini dapat dilakukan sesuai dengan ukuran pohon.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan hanya perlu dilakukan untuk menghilangkan daun kering atau daun rusak, hindari pemangkasan berlebihan yang dapat merusak pertumbuhan tanaman.

Pemangkasan ini juga bertujuan untuk membuat penampilan pohon palem putri terlihat selalu indah dan menarik di pandang.

  1. Pemantauan Hama dan Penyakit

Perhatikan tanda-tanda serangan hama atau penyakit seperti kutu daun, ulat, atau busuk akar. Jika terjadi serangan, gunakan insektisida atau fungisida yang direkomendasikan dengan takaran yang sesuai dari kemasan tersebut.

Dengan mematuhi langkah-langkah ini dan memberikan perawatan yang tepat, palem Veitchia merillii Anda akan tumbuh subur dan memberikan keindahan tropis pada taman atau pekarangan rumah Anda.

FAQ

Pertanyaan yang sering ditanyakan :

Pertanyaan Tentang Palem Putri

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat diajukan tentang palem Veitchia merillii beserta jawabannya:

Apa nama ilmiah dari Pohon palem Putri?

Pohon palm putri memiliki nama ilmiah Veitchia merillii.

Dari mana asal Pohon Palem Putri?

Tumbuhan Palm Putri berasal dari Filipina dan untuk sekarang ini sudah tersebar di berbagai wilayah di dunia dengan iklim tropis maupun subtropis.

Apa yang membuat palem putri populer sebagai tanaman hias?

Palm Veitchia merillii populer sebagai tanaman hias karena keindahan daunnya yang hijau, batangnya yang ramping, serta buah merahnya yang menarik untuk dijadikan sebagai tanaman hias pelengkap landscape.

Jika ingin menanam tanaman palem putri ini, dan membutuhkan tanaman ini sebagai tanaman halaman anda atau untuk kebutuhan proyek penghijauan.

Perusahaan kami CV. Agrotani Sejahtera yang menyediakan berbagai ukuran dari tanaman palem putri maupun jenis tanaman lainnya dengan kualitas terbaik dan tentunya harga yang bersahabat  juga.

Kami kelompok usaha tani yang bergerak di bidang penyediaan tanaman untuk penghijauan.

Tanaman yang kami jual merupakan hasil langsung dari petani maka dari itu tanaman dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk menanyakan harga atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPHONE 081272952618. Informasi lebih lengkap KLIK DISINI

Baca Artikel Lainnya

CV AGROTANI SEJAHTERA – Jual Tanaman Dan Ikan Koi

MENDATANGKAN HASIL TERBAIK, MEMUASKAN CUSTOMER

Kami Agrotani Sejahtera merupakan sebuah usaha yang bergerak di Bidang Kontraktor Pembuatan Taman, Penghijauan, Pembuatan Kolam Ikan Koi dan Suplier Tanaman serta Ikan Koi.

Proses jasa pengerjaan di lakukan oleh tenaga ahlinya yang berpengalaman di bawah pengawasan dan pengerjaan langsung konsultan kami.

Kami sudah sangat teruji kualitas, nilai seni, tanpa mengesampingkan faktor keamanan. Karena faktor keamanan dalam proses penanaman, pembuatan taman dan kolam, sebelum atau setalah jadi sangatlah penting. Apalah arti keindahan jika mengancam keselamatan.

Tak perlu khawatir, untuk Anda yang memiliki budget terbatas karena jasa pembuatan taman akan membantu melayani sistem paket dan memberikan saran yang tepat untuk kebutuhan taman Anda.

Perusahaan kami merupakan penyedia berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman hias, bibit, pohon besar, pohon fosil, hingga tanaman tanaman langka.

Selain sebagai kontraktor taman dan penyedia tanaman kami juga  bergerak pada bidang perikanan tepatnya Ikan Koi.

Kami juga melayani jasa pembuatan kolam ikan koi yang sudah diperpacaya banyak pelanggan kami.

Kami senantiasa memberikan Pelayanan terbaik dan memprioritaskan Kepuasan Customer disetiap project yang kami kerjakan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara.

PELAYANAN KAMI

Penyedia Tanaman Hias, Bibit, Pohon Besar, Pohon Fosil, dan Pohon Langka.

Ready Stock untuk berbagai Macam tanaman, mulai dari tanaman hias, Bibit Buah, bibit pohon, Pohon besar, pohon fosil, dan pohon langka. Dengan tanaman yang lengkap akan membantu anda mendapatkan berbagai jenis tanaman yang mudah untuk di dapat di perusahaan kami.

Jasa Penghijauan dan Reboisasi

Sudah dipercaya oleh Pemerintah dan Corporate besar untuk Reboisasi atau Penghijauan Kota. Hal ini sudah teruji dan sudah dirasakan oleh banyak kalangan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara

Jasa Landscape Taman

Keindahan taman mampu memberikan energi positif dalam diri Manusia. Pastikan Rumah, Kantor atau Istana Anda di hiasi oleh taman Indah karya Kami.

Kami melayani landscape tamaman, penyediaan tanamannya, dan hingga dalam penanamannya Anda dapat mempercayakan pada kami.

Penyedia Berbagai Jenis Ikan Koi

Kami menyediakan berbagai jenis, ukuran serta variasi umur ikan koi yang berkualitas dengan warna yang tajam, berasal dari indukan terbaik sehingga menghasilkan ikan koi grade a. Stok ikan yang kami sediakan juga kontinyu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hobi anda.

Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi

Jasa pembuatan kolam ikan koi berpengalaman dan terpercaya, dikerjakan oleh tenaga ahli profesional dan sudah berpengalaman untuk menjamin kepuasan konsumen.

Dengan adanya kolam ikan di sekitar rumah, kita dapat melihat ikan – ikan yang dapat menenangkan pikiran dan dapat menghilangkan stres.

KEUNGGULAN KAMI

Kami Selalu berfokus pada Kepuasan Customer dengan memberikan Solusi terbaik disetiap project nya. Inilah yang membuat mereka repeat order dan merekomendasikan kepada Kami

Tanaman dan Ikan Koi Berkualitas Premium

Tanaman dan Ikan Koi yang di berikan oleh Agrotani Sejahtera berkualitas tinggi, Karena pemilihan Tanaman maupun Ikan Koi tersebut langsung dengan Ahlinya, dan dengan pembudidayaan oleh tim kami sendiri yang sudah berpengalaman bertahun tahun.

Berpengalaman Lebih Dari 10 Tahun

Pengalaman yang matang akan menghasilkan kesempurnaan. Tanpa pengalaman yang matang, tidaklah mampu seseorang menghasilkan kesempurnaan. Maka dari itu Kami selalu menjadi Pilihan dan rekomendasi berbagai Kalangan untuk pembuatan Project Penghijauan, Pembuatan Kolam, dan penyedia tanaman maupun ikan koi.

Fokus Pada Kepuasan Pelanggan

Profesionalitas merupakan aspek utama kepuasan customer. Pengalaman tanpa profesionlitas? Nol besar !! Berita baiknya, jasa pembuatan taman dan kolam ikan koi kami sangat menjunjung tinggi profesionalitas. Jadi, saat jasa pembuatan kami merealisasikan taman dan kolam impian Anda, profesionalitas kamilah yang akan membuat Anda puas.

Harga Terjangkau & Garansi Penuh

Agrotani Sejahtera memberikan harga Terjangkau di setiap pelayanan kami dan memberikan Full garansi untuk setiap project dan produk yang dikirimnya.

Melayani Pengiriman Keseluruh Indonesia

Kami melayani pengiriman keseluruh Indonesia karnea kami sudah melakukan kejasama dengan berbagai ekspedisi di Indonesia.

BERIKUT BEBERAPA PROJEK PENANAMAN PENGHIJAUN KAMI

Kami telah dipercaya oleh banyak Kalangan terkaituntuk menyelesaikan projek penghijauan, Bunga dan Pohon. Mereka sudah merasakan kerjasama Project bersama kami dan menghasilkan Kepuasan.

  1. Pengerjaan Kolam Dan Taman di PT MHI
  2. Penanaman di PT IMIP MOROWALI
  3. Penghijauan Tol Jombang
  4. Pengerjaan Penghijauan Tol di Mojokerto dengan PT ADHI KARYA
  5. Suplay Tanaman Penghijauan Area Industri Untuk PT GUDANG GARAM KEDIRI
  6. Pengerjaan Penghijauan Kawasan Pesisir Di Jawa Timur Dengan Kementrian Kelautan Perikanan
  7. Dst.

Baca Artikel Selan Pohon Angsana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *