Lompat ke konten
Home » Pucuk Merah, Tanaman Penghijauan Yang Cantik

Pucuk Merah, Tanaman Penghijauan Yang Cantik

Pucuk Merah Tanaman Cantik yang Dapat Membuat Lingkungan Lebih Asri

Tanaman Pucuk Merah

Tanaman Pucuk Merah adalah tanaman yang sudah banyak dikenal orang dalam kategori tanaman hias atau tanaman pohon karena tanaman ini juga dapat tumbuh besar.

Tetapi kebanyakan orang memangkas tanaman ini karena akan dapat terlihat lebih cantik dengan ukuran pohon sedang atau tidak terlalu tinggi.

Pucuk Merah dengan nama latin Syzigium mytifolium  adalah tanaman hias yang masuk dalam kategori tanaman perdu yang berasal dari genus Syzygium.

Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman penghijauan pada taman, pinggir jalan, pada halaman rumah ataupun perkantoran. Selain itu tanaman ini sering digunakan sebagai pelengkap variasi tanaman penghijauan lainnya karena memiliki warna yang unik dan mencolok.

Tanaman satu ini cocok digunakan sebagai tanaman penghijauan karena dapat dengan baik menyerap karbon dioksida diatas rata – rata tanaman lain. Selain itu tanaman ini juga memiliki akar tunggang yang kokoh yang dapat menyerap air dan menyimpan cadangan air bahkan juga dapat mencegah longsor.

Berikut penjelasan lebih lengkap dari Tanaman Pucuk Merah.

Klasifikasi Pucuk Merah (Syzygium Oleana)

Kingdom: Plantae
Sub kingdom: Viridiplantae
Infra kingdom: Streptophyta
Super divisi: Embryophyta
Divisi: Tracheophyta
Sub divisi: Spermatophytina
Kelas: Magnoliopsida
Super ordo: Rosanae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Genus: Syzygium p. Br. Ex gaertn.
Spesies: Syzygium oleana

Ciri – Ciri Pucuk Merah

Daun Pucuk Merah

daun pucuk merah

Daun dari tanaman ini memiliki bentuk oval dengan ujung daun yang berbentuk lancip, daun dari tanaman ini tumbuh di setiap rantingnya dan mempunyai tulang daun di setiap daunnya.

Bagian yang paling unik dari pucuk merah adalah pada warna daunnya, saat daun dari tanaman ini mmasih muda atau baru awal tumbuh akan memiliki warna daun yang merah penuh.

Seiring berjalannya waktu dan menuanya daun dau akan berubah berwarna hijau dimulai dari pangkal daun dan merambah ke ujung daun yang semakin tua daunnya maka daun akan berwarna hijau penuh.

Batang Pucuk Merah

Pohon Pucuk merah memiliki bentuk batang yang bulat, berkayu, dan pada batangnya memiliki kambium.

Jika dalam penanamannya di tanah yang subur dan pada tanahnya memiliki nutrisi yang tinggi tanaman ini akan dapat tubuh mencapai ketinggian hingga 5 meter.

Bunga Pucuk Merah

bunga pucuk merah

Yang pada umumnya tanaman hias dikenal indah karena bunganya, lain dengan tanaman yang satu ini yang dikenal banyak orang karena daunnya yang indah.

Meskipun begitu tanaman ini juga memiliki bunga, bunga dari tanaman ini berjenis majemuk. Saat bunganya mekar akan terlihat tangkai putiknya yang memiliki ukuran lebih pendek jika di bandingkan dengan benang sari dari bunganya, dan juga memiliki kepala putik yang berwarna putih.

Tangkasi sari dari bunganya memiliki warna putih, dengan kepala putik memiliki tempat pada tengah bunganya.

Buah Pucuk Merah

buah pucuk merah

Pucuk merah juga memiliki buah, karakter buah dari tanaman ini berbentuk pipih, dengan terdapat cekungan pada bagian tengah buah dari permukaan atasnya.

Ketika sudah masak buah dari tanaman ini memiliki warna hitam mengkilap, dengan ukuran buah memiliki dimeter kurang lebih 0,7 cm.

Akar Pucuk Merah

Pohon ini memiliki jenis akar tunggang yang kaut yang merambat dan akan terus membesar seiring betambah besar batangnya juga.

Akar tunggang yang kuat ini sangat berguna bagi tanaman ini agar dapat berdiri dengan tegak dan akarnya tidak mudah tercabut saat terkena angin kencang.

Selain itu karena bentuk pohonnya yang seperti pohon cemara yang dapat tumbuh besar dan tinggi akar ini tentu memiliki fungsi yang sangat penting.

Bentuk akarnya sama seperti umumnya pohon memiliki bentuk bulat, yang mana pada bagian tepi akar memiliki seperti rambut – rambut halus.

Selain akar yang kuat sebagai penompang pohonnya, akarnya yang kuat ini juga berfungsi sebagai pencegah kongsor di tanah perbukitan.

Cara Memperbanyak Pucuk Merah

Tanaman satu ini dapat di perbanyak dengan 2 cara yaitu memperbanyak dengan cara Vegetatif dan dengan cara Generatif.

Pada kali ini yang akan saya bahas adalah memperbanyak tanaman pucuk merah dengan cara Vegetatif yakni dengan cara Stek, karena ini adalah cara yang palih mudah dan sudah banyak dilakukan oleh pembudidaya.

Memperbanyak Pucuk Merah Dengan Cara Stek

stek pucuk merah

Cara stek tanaman tanaman ini sama dengan tanaman pada umumnya, berikut langkah – langkahnya.

  1. Yang petanaman adalah dengan memilih batang tanaman yang sudah berumur cukup tua dan tentunya memiliki batang yang sehat agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Potong batang yang sudah di pilih dengan ukuran 20cm hingga 30cm dengan alat potong yang sudah diolesi dengan fungisida.
  3. Potong daun pada batangnya sisakan beberapa daun saja, hal ini berguna untuk mengurangi penguapan dan sekaligus daun tersebut dapat digunakan sebagai indikator kesehatan stek.
  4. Potong dengan bentuk batang yang meruncing, dengan begitu pada saat penanaman akan dapat lebih mudah dan dan dapat memberikan ruang yang luas dalam pertumbuhan akarnya.
  5. Siapkan media tanaman berupa polybag atau pot, isi media tanaman dengan tanah gembur dengan campuran pupuk kandang dan sekam bakar, setelah itu tanam batang dengan kedalaman kuarng lebih 5 – 10 cm.
  6. Lakukan penyiraman secara rutin dengan ke adaan tanah yang tidak terlalu kering atau basah. Jangan diletakkan pada tempat yang langsung terpapar sinar matahi agar tanaman tidak mengalami stres.

Cara Merawat Pucuk Merah

Perawatan tanaman pucuk merajh bisa dibilang susah susah gampang, jika anda hanya ingin hidup tentu hanya perlu menanam dan menyiramnya setiap hari.

Tetapi jika anda ingin tanaman pucuk merah anda hidup sehat dan dan memiliki karakter yang cantik tentu dibutuhkan usaha yang lebih untuk mencapainya. Beriku admin berikan tips perawatannya.

  1. Tanaman pucuk merah akan dapat terlhat lebih indah dan cantik dan dapat tumbuh maksimal saat di tanam pada tempat yang terpapar banyak sinar matahari. Dengan terkenanya paparan sinar matahi maka pucuk merah akan dapat terus bertunas dan daun yang berwarna merah.
  2. Sesuai dengan namanya pucuk merah tentunya akan terlihat lebih cantik jika memiliki daun yang berwarna merah juga. Untuk menghasilkan pucuk pucuk baru yang berwarna merah tentunya ki perlu melakukan pemangkasan secara rutin.
    Dengan pemangkasan yang rutin selain menghasilkan daun muda merah yang baru kita juga bisa melakukan pembetunkan saat memangkasnya, bisa dilakukan pemangkasan sesuai selera dapat di bentuk seperti kotak, cemara, atau lainnya, agar tanaman satu ini dapat terlihat lebih cantik lagi.
    Dalam pemangkasannya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, untuk pemangkasannya agar daun daun baru cepat tumbuh lakukan pemangkasan pada bagian ruas cabang.
  3. Seperti pada tanaman umumnya pucuk merah juga memerlukan perawatan seperti penyiraman dan pemupukan agar dapat tumbuh secara maksimal.Anda dapat melakukan penyiraman setiap hari dan lakukan pemupukan selama 2 bulan sekali agar tanah dapat subur dan memberikan nutrisi yang cukup pada tanaman.

Manfaat Pucuk Merah Untuk Lingkuangan Dan Manusia

Selain sebagai tanaman penghias tanaman ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagia lingkungan di sekitar kita dan juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Pucuk Merah Untuk Lingkungan

  1. Menyerap Karbon Dioksida
pohon menterap karbon dioksida

Selsain fungsu utamanya sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik lingkungan, pucuk merah jugak memiliki kemampuan meyerap karbon dioksida yang lebih besar dari tanaman hias lainnya, sehingga memberikan dampak undara yang lebih sehat untuk kita.

  1. Mencegah Longsor

Pohon pucuk merah memiliki jenis akar tunggang yang kuat, dengan akar yang kuat tanaman ini bisa mencegah terjadinga longsor, maka dari itu tanaman ini cocok untuk di tanam di daerah perbukitan.

Manfaat Pucuk Merah Untuk Manusia

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tanaman pucuk merah mengandung banyak akan antioksidan dan juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia.

  1. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Daun dari pucuk merah memiliki warna merah yang dihasilkan oleh antosianin, antosianin ini dapat memiliki fungsi sebagai antioksidan, manfaatnya adalah sebagai penghambat atau menghentikan pertumbuhan kanker.

  1. Mencegah Sakit Perut

Pucuk merah mengandung senyawa antibakteri yang dapat mencegah keracunan akibat makanan yang menyebabkan sakit perut. Sallmonela E. Coli adalah salah satu bakteri yang dapat menyebabkan sakit perut dan yang dapat di atasi oleh tanaman ini.

  1. Melawan Radikal Bebas

Pada tanaman ini mengandung antioksidan yang dapat menangkal dan melawan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat merusak sel sel di dalam tubuh dan juga dapat menyebabkan penyakit seperti peradangan, penuaan dini, penyakit jantung bahkan kanker.

  1. Mengharumkan Ruangan

Pucuk Merah memiliki kandungan minyak yang berupa atsiri, minyak tersebut memiliki aroma khas yang dapat membuat harum ruangan.

Untuk anda yang pensaran anda bisa anda ketahui aromanya dengan cara meremas daun dari tanaman ini dengan begitu aroma khas dari minyak atsiri akan muncul.

  1. Pewarna Makanan Alami

Selain untuk kesehatan pemanfaat lain dari tanaman ini adalah dengan memanfaatkan daunnya yang masih muda dan masih berwarna merah sebagai pewarna makanan alami.

Anda dapat mendapatkan warna merah oranye dari daun pucuk merah, dengan cara merebus daun yang masih berwarna merah dengan begitu anda akan mendapatkan warna merah oranye yang dapat digunakan sebagai pewarna alami.

  1. Sebagai pagar tanaman Hidup

Dengan parawatan yang baik tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi mencapai hingga 5 meter dan memiliki lingkar dengan diameter kurang lebih 30 Cm.

Dengan ukuran pohon yang cukup besar dan memiliki bentuk yang cantik, dengan penanaman yang agak berdekatan maka tanaman ini dapat menjadi tanaman pagar yang indah.

Sekian penjelasan mengenai tanaman pucuk merah dari kami, semoga dapat memberikan tambahan ilmu dan bermanfaat untuk anda.

Jika anda ingin menanam tanaman cantik satu ini, membutuhkan tanaman ini sebagai tanaman halaman anda atau untuk kebutuhan proyek.

Perusahaan kami CV. Agrotani Sejahtera yang menyediakan berbagai ukuran dari tanaman pucuk merah  maupun jenis tanaman lainnya dengan kualitas terbaik dan tentunya harga yang bersahabt juga.

Kami kelompok usaha tani yang bergerak di bidang penyediaan tanaman untuk penghijaun.

Tanaman yang kami jual merupakan hasil langsung dari petani maka dari itu tanaman dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk menanyakan harga atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPHONE 081272952618, atau dengan KLIK DISINI

Keuntungan / Benefit yang akan anda dapat dengan membeli produk di perusahaan kami:

Keuntungan Belanja Di Agrotani Sejahtera

Berikut ini adalah beberapa klien dari CV. Agrotani Sejahtera :

Logo Perusahaan
Logo Perusahaan

Darmo Hill Denpasar, PT. Gudang Garam, PT. Indonesia Morowali Industrial Park, PT Marga Harjaya Infrastruktur, MedcoEnergi, Pemerintah Kota Denpasar, Pemerintah Kabupaten Kolaka, Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Kota Pekanbaru, Kementerian Kelautan Dan Perikanan, PT. Graha Alam Lestari, PT. Jaya Arnikon, PT. Adhi Karya, PT. Waskita Karya, PT. Gunung Harta, Istana Jambu Denpasar, PT. Nindya Karya, Pemerintah Kota Denpasar, ExxonMobil Indonesia.

Kunjungi juga artikel kami lainnya :

  1. Bibit Pisang Cavendish
  2. Bibit Anggur Import
  3. Pohon Ketapang
  4. Pohon Trembesi
  5. Bunga Bougenville
  6. Bibit Gaharu
  7. Pohon Flamboyan
  8. Pohon Tabebuya
  9. Tanaman Hias
  10. Jasa Pembuatan Taman
  11. Jasa Pembuatan Kolam Ikan koi
  12. Alpukat Cuba
  13. Alpukat Booth 7
  14. Alpukat Pinkerton
  15. Alpukat Hass
  16. Alpukat Hong Ngoc
  17. Alpukat Yellow Vieatnam
  18. Rekomendasi Tanaman Penghijauan
  19. Beringin Kupu – Kupu Varigata

CV AGROTANI SEJAHTERA – Jual Tanaman Dan Ikan Koi

MENDATANGKAN HASIL TERBAIK, MEMUASKAN CUSTOMER

Kami Agrotani Sejahtera merupakan sebuah usaha yang bergerak di Bidang Kontraktor Pembuatan Taman, Penghijauan, Pembuatan Kolam Ikan Koi dan Suplier Tanaman serta Ikan Koi.

Proses jasa pengerjaan di lakukan oleh tenaga ahlinya yang berpengalaman di bawah pengawasan dan pengerjaan langsung konsultan kami.

Kami sudah sangat teruji kualitas, nilai seni, tanpa mengesampingkan faktor keamanan. Karena faktor keamanan dalam proses penanaman, pembuatan taman dan kolam, sebelum atau setalah jadi sangatlah penting. Apalah arti keindahan jika mengancam keselamatan.

Tak perlu khawatir, untuk Anda yang memiliki budget terbatas karena jasa pembuatan taman akan membantu melayani sistem paket dan memberikan saran yang tepat untuk kebutuhan taman Anda.

Perusahaan kami merupakan penyedia berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman hias, bibit, pohon besar, pohon fosil, hingga tanaman tanaman langka.

Selain sebagai kontraktor taman dan penyedia tanaman kami juga  bergerak pada bidang perikanan tepatnya Ikan Koi.

Kami juga melayani jasa pembuatan kolam ikan koi yang sudah diperpacaya banyak pelanggan kami.

Kami senantiasa memberikan Pelayanan terbaik dan memprioritaskan Kepuasan Customer disetiap project yang kami kerjakan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara.

PELAYANAN KAMI

Penyedia Tanaman Hias, Bibit, Pohon Besar, Pohon Fosil, dan Pohon Langka.

Ready Stock untuk berbagai Macam tanaman, mulai dari tanaman hias, Bibit Buah, bibit pohon, Pohon besar, pohon fosil, dan pohon langka. Dengan tanaman yang lengkap akan membantu anda mendapatkan berbagai jenis tanaman yang mudah untuk di dapat di perusahaan kami.

Jasa Penghijauan dan Reboisasi

Sudah dipercaya oleh Pemerintah dan Corporate besar untuk Reboisasi atau Penghijauan Kota. Hal ini sudah teruji dan sudah dirasakan oleh banyak kalangan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara

Jasa Landscape Taman

Keindahan taman mampu memberikan energi positif dalam diri Manusia. Pastikan Rumah, Kantor atau Istana Anda di hiasi oleh taman Indah karya Kami.

Kami melayani landscape tamaman, penyediaan tanamannya, dan hingga dalam penanamannya Anda dapat mempercayakan pada kami.

Penyedia Berbagai Jenis Ikan Koi

Kami menyediakan berbagai jenis, ukuran serta variasi umur ikan koi yang berkualitas dengan warna yang tajam, berasal dari indukan terbaik sehingga menghasilkan ikan koi grade a. Stok ikan yang kami sediakan juga kontinyu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hobi anda.

Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi

Jasa pembuatan kolam ikan koi berpengalaman dan terpercaya, dikerjakan oleh tenaga ahli profesional dan sudah berpengalaman untuk menjamin kepuasan konsumen.

Dengan adanya kolam ikan di sekitar rumah, kita dapat melihat ikan – ikan yang dapat menenangkan pikiran dan dapat menghilangkan stres.

KEUNGGULAN KAMI

Kami Selalu berfokus pada Kepuasan Customer dengan memberikan Solusi terbaik disetiap project nya. Inilah yang membuat mereka repeat order dan merekomendasikan kepada Kami

Tanaman dan Ikan Koi Berkualitas Premium

Tanaman dan Ikan Koi yang di berikan oleh Agrotani Sejahtera berkualitas tinggi, Karena pemilihan Tanaman maupun Ikan Koi tersebut langsung dengan Ahlinya, dan dengan pembudidayaan oleh tim kami sendiri yang sudah berpengalaman bertahun tahun.

Berpengalaman Lebih Dari 10 Tahun

Pengalaman yang matang akan menghasilkan kesempurnaan. Tanpa pengalaman yang matang, tidaklah mampu seseorang menghasilkan kesempurnaan. Maka dari itu Kami selalu menjadi Pilihan dan rekomendasi berbagai Kalangan untuk pembuatan Project Penghijauan, Pembuatan Kolam, dan penyedia tanaman maupun ikan koi.

Fokus Pada Kepuasan Pelanggan

Profesionalitas merupakan aspek utama kepuasan customer. Pengalaman tanpa profesionlitas? Nol besar !! Berita baiknya, jasa pembuatan taman dan kolam ikan koi kami sangat menjunjung tinggi profesionalitas. Jadi, saat jasa pembuatan kami merealisasikan taman dan kolam impian Anda, profesionalitas kamilah yang akan membuat Anda puas.

Harga Terjangkau & Garansi Penuh

Agrotani Sejahtera memberikan harga Terjangkau di setiap pelayanan kami dan memberikan Full garansi untuk setiap project dan produk yang dikirimnya.

Melayani Pengiriman Keseluruh Indonesia

Kami melayani pengiriman keseluruh Indonesia karnea kami sudah melakukan kejasama dengan berbagai ekspedisi di Indonesia.

BERIKUT BEBERAPA PROJEK PENANAMAN PENGHIJAUN KAMI

Kami telah dipercaya oleh banyak Kalangan terkaituntuk menyelesaikan projek penghijauan, Bunga dan Pohon. Mereka sudah merasakan kerjasama Project bersama kami dan menghasilkan Kepuasan.

  1. Pengerjaan Kolam Dan Taman di PT MHI
  2. Penanaman di PT IMIP MOROWALI
  3. Penghijauan Tol Jombang
  4. Pengerjaan Penghijauan Tol di Mojokerto dengan PT ADHI KARYA
  5. Suplay Tanaman Penghijauan Area Industri Untuk PT GUDANG GARAM KEDIRI
  6. Pengerjaan Penghijauan Kawasan Pesisir Di Jawa Timur Dengan Kementrian Kelautan Perikanan
  7. Dst.

2 tanggapan pada “Pucuk Merah, Tanaman Penghijauan Yang Cantik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *