Lompat ke konten
Home » Jual Pohon Flamboyan Kebumen Berkualitas 081272952618 Bergaransi

Jual Pohon Flamboyan Kebumen Berkualitas 081272952618 Bergaransi

  • oleh

Jual Pohon Flamboyan Kebumen Harga Terjangkau, Sebagai Pohon Peneduh Sekaligus Pohon Penghias

Jual Pohon Flamboyan Kebumen
Jual Pohon Flamboyan Kebumen

Jual Pohon Flamboyan Kebumen – Kami menyediakan berbagai jenis dan ukuran dari pohon Flamboyan, tanaman dari kami adalah hasil langsung dari petani, jadi kami memiliki kualitas tanaman yang baik dan harga yang terjangkau.

  1. Jual Pohon Bunga Flamboyan Merah
  2. Jual Pohon Bunga Flamboyan Kuning
  3. Jual Pohon Bunga Flamboyan Ungu

Kami Jual Pohon Flamboyan Kebumen berbagai jenis ukuran, dari muali bibit, ukuran 2 meter hingga 5 meter dan juga yang sudah menjadi pohon besar dan siap berbunga di perusahaan kami redy stok.

Jual Pohon Flamboyan Kebumen
Jual Pohon Flamboyan Kebumen

Karena harga tanaman yang dapat berubah – ubah, Untuk list harga pohon ketapang lebih lengkap bisa menghubungi kami melalui SMS/TELPON/WA di : 081272952618

Mengenal Pohon Flamboyan

Jual Pohon Flamboyan Kebumen
Jual Pohon Flamboyan Kebumen

Flamboyan seringkali digunakan oleh masyarakat sebagai pohon peneduh sekaligus tanaman hias. Karena pohon flamboyan memiliki karakter bentuk yang tinggi dan cukup besar serta memiliki bunga yang sangat cantik dengan warna merah menyala ketika mekar.

Bunga merah mekar bersamaan pada musim tertentu menjadikan tanaman flamboyan tampak seperti tanaman sakura di jepang dimana yang berbaris menghiasi jalanan kota jepang penuh warna.

Jika kita menanam di sepanjang jalanan kota maka akan tampak keindahan jalanan tersebut dengan warna merah bak negeri jepang ketika bunga pohon ini bermekaran.

Selain itu flamboyan juga bisa dimanfaatkan bagian lain seperti batangnya untuk dijadikan bahan bangunan rumah karena tekstur batangnya besar dan kuat. Bahkan bagian daun dan bijinya juga mengandung alkaloid yang tinggi dan berkhasiat mengobati malaria.

Pada awal abad ke-19 para ilmuwan sempat kesulitan untuk menemukan habitat asli pohon flamboyan, barulah pada tahun 1930 an ilmuwan menyimpulkan bahwa flamboyan berasal dari alam liar Madagaskar.

Pohon flamboyan kebanyakan dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis termasuk habitat aslinya yaitu madagaskar. Akan tetapi keberadaan tanaman ini di madagaskar semakin berkurang karena kerusakan alam yang dilakukan oleh manusia tak bertanggung jawab. Para petani biasanya melakukan penebangan dan pembakaran secara liar, lalu memproduksi arang berlebih, penggembalaan sapi dan kambing domestik mendominasi, serta semak belukar yang terbakar tak terkendali.

Tanaman flamboyan memiliki nama latin (Delonix regia) yang memiliki arti pohon semarak api dengan bentuk pohon tinggi besar dan mempunyai bunga berwarna merah menyala.

Nama genus dari flamboyan adalah Delonix yang berasal dari kata Yunani Delos  yang artinya mencolok, dan Onyx berarti cakar. Nama latin tersebut merujuk pada penampilan bunga dari flamboyan yang memang mencolok dan bentuk mahkota bunga nya mengembang seperti cakar.

Di madagaskar Tanaman ini hidup di hutan kering bagian barat dan bagian utara daerah Massif Bemaraha, serta hidup di hutan kering di sekitar Antsiranana selatan Daraina, dan ada juga di Nosy Be.

Meskipun demikian, flamboyan juga dicoba untuk dibudidayakan di seluruh daerah madagaskar dan juga di banyak negara tropis lainnya. Sehingga pohon flamboyan dapat beradaptasi di beberapa daerah yang bukan habitat aslinya seperti di florida, australia dan bisa bersaing dengan vegetasi asli di daerah tersebut.

Klasifikasi Taksonomi :

  • Kingdom       : Plantae
  • Klas              : Tracheophyta
  • Ordo             : Fabales
  • Famili            : Fabales
  • Genus           : Delonix
  • Spesies         : Delonix regia

Tanaman ini juga dikenal sebagai “Pohon legendaris terindah di dunia” oleh kalangan pecinta pohon hias dan tanaman hias karena keindahan yang ditunjukkan dari pohon ini memang sangat memanjakan mata.

Istilah lain juga disandang oleh pohon satu ini dengan nama yang diambil dari bahasa prancis Flamboyant  yang memiliki arti cemerlang.

Orang india menyebutnya dengan istilah Gulmohar,  Ada juga Flame tree atau flame of the Forest, karena seperti kobaran api yang menyala di tengah-tengah hijaunya pohon lain.

Bunga flamboyan akan bermekaran pada musim pancaroba di indonesia. Pohon bunga flamboyan memang sangat unik karena jika bunga flamboyan bermekaran akan memenuhi seluruh permukaan pohon di atas yang awalnya berwarna hijau dari dedaun berubah menjadi merah cerah seperti pohon sakura di jepang.

Berbeda halnya ketika musim hujan, tanaman flamboyan hanya akan tumbuh biasa dengan daunnya berwarna hijau tanpa memunculkan bunga. Dan jika di musim kemarau di pertengahan daunnya akan gugur, batang mengering, meranggas, tangkainya banyak yang patah dan terlihat seperti pohon gundul yang sudah mati.

Namun ketika air hujan turun membasahi pohon, bunga bunga merah dari flamboyan besar akan tumbuh dan memenuhi seluruh pohon di bagian atas layaknya daun yang berwarna merah.

Banyak orang juga memanfaatkan momen tersebut untuk foto atau video karena keindahan yang dimiliki flamboyan ini.

Pohon ini juga dapat dijadikan sebagai pohon hias untuk rumah tidak hanya untuk penghias jalanan kota atau taman kota.

Meskipun flamboyan terbilang pohon besar tapi tidak menutup kemungkinan bisa juga di tanam di pekarangan rumah dengan memperhatikan ketinggian pohon dalam merawatnya, dalam hal penanaman pohon ini mudah untuk ditanam karena tiap orang bisa melakukan penanaman pohon flamboyan secara mandiri.

Dengan penanaman flamboyan maka rumah akan terlihat lebih indah dan cantik dengan nuansa negeri matahari terbit.

Sebelum menanam tanaman flamboyan, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan kualitas bibit dan biji dari pohon. Pohon ini yang baik berasal dari bibit / biji yang baik pula. Wajib bagi pembeli untuk melihat kualitas dari flamboyan sebelum dibeli.

Anda tidak perlu khawatir karena kami menjual pohon flamboyan Kebumen dengan kualitas terbaik. CV. Agrotani Sejahtera merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan tanaman dan pohon di seluruh indonesia. Kami menjual berbagai tanaman termasuk tanaman flamboyan.

Daftar Isi

Pohon Flamboyan, Pohon Cantik Bak Di Negeri Jepang

4 JENIS – JENIS POHON FLAMBOYAN

  • Pohon Flamboyan Bunga Merah
  • Pohon Flamboyan Bunga Kuning
  • Pohon Flamboyan Bunga Ungu
  • Pohon Flamboyan Bunga Putih

6 CIRI – CIRI POHON FLAMBOYAN

  • Akar Pohon Flamboyan
  • Batang Flamboyan
  • Daun Pohon Flamboya
  • Bunga Pohon Flamboyan
  • Buah dari Pohon Flamboyan
  • Biji Flamboyan

6 MANFAAT POHON DAN BUNGA FLAMBOYAN

  • Sebagai Bahan Bangunan
  • Penyaring Polutan Udara
  • Obat Malaria
  • Memperindah Lingkungan
  • Perhiasan
  • Hiasan Rumah

CARA MENANAM DAN MERAWAT POHON FLAMBOYAN

  • Pemilihan Biji
  • Melihat Kondisi Tanah
  • Pemindahan
  • Pemupukan
  • Penyiraman
  • Pemangkasan

4 JENIS – JENIS POHON FLAMBOYAN

  1. Pohon Flamboyan Bunga Merah
Pohon Flamboyan bunga merah
Flamboyan bunga merah

Tanaman flamboyan bunga merah merupakan jenis flamboyan yang paling banyak tersebar di berbagai daerah. Karena warna asli dari tempat asalnya adalah flamboyan warna merah.

Flamboyan jenis ini juga paling banyak di jual di pasaran karena memang flamboyan merah juga mudah untuk dirawat.

Ciri flamboyan merah berupa bunga nya yang berwarna merah di bagian kelopak bunganya dan berwarna agak putih di bagian ujung kelopak bunganya.

  1. Pohon Flamboyan Bunga Kuning
Pohon Flamboyan bunga kuning
Flamboyan bunga kuning

Pohon flamboyan bunga kuning merupakan jenis flamboyan yang cukup langka di pasaran. Flamboyan bunga kuning mempunyai bunga berwarna kuning cerah di bagian seluruh kelopak bunganya.

Warna kuning dari flamboyan kuning sangat bagus jika ditanam di pekarangan rumah karena akan menambah nilai estetika rumah begitu tampak elegan.

  1. Pohon Flamboyan Bunga Ungu
Pohon Flamboyan bunga ungu
Flamboyan bunga ungu

Hampir sama dengan flamboyan kuning, Flamboyan ungu juga dapat memberikan kesan mewah dan wibawa bagi siapapun yang memilikinya. Bunga flamboyan ungu juga termasuk sulit untuk ditemukan karena warnanya yang sangat unik.

Terlebih jika bunga flamboyan ungu ketika memasuki musim berbunga, pohon akan penuh dengan warna ungu. Bagaikan pohon yang ada di argentina dengan keindahan pohon berwarna ungu dari pohon jacaranda.

  1. Pohon Flamboyan Bunga Putih

Warna lain dari tumbuhan flamboyan adalah putih, warna yang memberikan kesan menyejukkan ini bisa menjadi pilihan pelengkap tanaman hias di rumah.

Dengan warna putih yang dibawa oleh bunga flamboyan ini, akan tampak seperti pohon kamboja atau melati.

bunga Putih
Flamboyan bunga Putih

Perlu diperhatikan bahwa gambar diatas ini merupakan gambar dari bunga kamboja berwarna putih, bukan bunga flamboyan berwarna putih. Seringkali di beberapa artikel atau website menjelaskan bahwa bunga flamboyan warna putih adalah gambar bunga yang ada di atas padahal sebenarnya bukan, itu adalah gambar dari bunga kamboja.

6 CIRI – CIRI POHON FLAMBOYAN

  1. Akar Pohon Flamboyan

Pohon flamboyan memiliki akar pohon yang sangat kuat. Teksturnya besar dan sangat rapat tingkat kepadatannya. Pada umumnya panjang akar banir nya bisa tumbuh setinggi 30 cm.

Akan tetapi akar dari flamboyan bisa mengalami pembusukan dan mati karena terhambatnya pernapasan akar disebabkan oleh benda solid seperti salju/es dan batuan dalam tanah.

  1. Batang Flamboyan

Batang utama dari tanaman flamboyan bisa tumbuh tinggi mencapai 5 meter dalam jangka waktu 1 tahun karena memang pohon ini termasuk pohon besar. Memiliki tekstur licin, simpodial, berwarna coklat ke abu abuan dan memiliki diameter sampai 30 cm.

Pertumbuhan batang flamboyan tegak lurus ke atas. Kemudian di bagian atas sendiri batang akan bercabang sampai membentuk seperti payung di isi oleh daun-daun sampai berbunga merah menyebar ke seluruh batang berbentuk kanopi.

  1. Daun Pohon Flamboya

Tumbuhan flamboyan memiliki daun dengan tangkai berbentuk silinder dan pada bagian permukaannya licin. Jenis daun nya majemuk menyirip genap dan rata pada bagian tepinya.

Lalu ujung dan pangkal daun berbentuk tumpul, permukaan berbulu dan sistem tulangnya berbentuk menyirip. Panjang daun flamboyan bisa mencapai 60 cm dan lebarnya bisa sampai 20 cm.

  1. Bunga Pohon Flamboyan

Bunga flamboyan memiliki 4 kelopak dengan warna oranye merah atau merah cerah menyala dan kelopak bunganya berdiameter 8-15 cm per kelopak yang biasanya berwarna kuning atau putih. Kemudian mahkota bunga pohon menyebar seperti cakar.

  1. Buah dari Pohon Flamboyan

Pohon flamboyan memiliki buah yang bentuknya menyerupai pedang dan bijinya kecil seperti kacang polong yang berwarna hijau muda cerah. Jika bijinya sudah tua akan berubah warna menjadi coklat tua. Panjang buah ini bisa mencapai 60 cm dan lebar mencapai 5 cm.

  1. Biji Flamboyan

Biji dari flamboyan berasal dari bunganya dengan warna biji hitam. Jika dilihat sekilas biji flamboyan mirip sekali dengan biji matahari, akan tetapi bentuk biji flamboyan lebih lonjong, lebih besar dan lebih padat. Biji flamboyan dipercaya memiliki khasiat bisa dijadikan obat malaria karena mengandung alkaloid yang tinggi.

6 MANFAAT POHON DAN BUNGA FLAMBOYAN

  1. Sebagai Bahan Bangunan

Kayu dari pohon flamboyan berbentuk besar dan kuat, dengan kontur yang seperti itu pohon ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk bangunan.

Kebanyakan orang menggunakan kayu dari pohon ini untuk digunakan bahan pembuatan pagar rumah. Kayu yang besar dan kokoh sangat cocok dijadikan bahan untuk keperluan bangunan rumah.

  1. Penyaring Polutan Udara

Seringkali kita temukan pohon flamboyan yang bermekaran berwarna merah cerah di sepanjang jalan raya yang kita lalui sehari-hari.

Penanaman flamboyan di tepian jalan raya memiliki fungsi yaitu sebagai penyaring udara kotor yang ada di jalanan khususnya di daerah perkotaan.

Di kota besar pencemaran udara sangat banyak, dengan menanam flamboyan diharapkan selain untuk memperindah pemandangan kota juga untuk mengurangi pencemaran udara.

  1. Obat Malaria

Penyakit malaria timbul karena serangan nyamuk Anopheles, penyakit ini bisa dikurangi gejalanya menggunakan tanaman flamboyan.

Pada tanaman ini terdapat kandungan alkaloid yang diyakini bisa menghambat pertumbuhan plasmodium sp parasite penyebab penyakit malaria dengan memanfaatkan daun dan bunganya.

  1. Memperindah Lingkungan

Keindahan dari tanaman flamboyan sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya bunga merah cerah bermekaran pada saat yang bersamaan membuat tudung raksasa warna merah menjadikan hati setiap orang terpukau untuk melihatnya.

Pemandangan yang sangat mempesona dapat menghilangkan stres dan dapat meningkatkan mood kesenangan jiwa dalam hati seseorang. Saat pohon sudah besar, kita dapat ber tiduran dibawah pohon tanpa takut terkena sinar matahari secara langsung sembari membaca buku dan meminum teh, akan terasa seperti suasana liburan di waktu holiday.

Tanaman flamboyan seolah seperti teman kita sendiri ketika kita penat atau capek dalam pekerjaan kita lampiaskan semua kepada tanaman satu ini.

  1. Perhiasan

Biji dari flamboyan juga dapat dijadikan sebagai manik-manik perhiasan seperti kalung atau gelang. Dengan memberikan warna cat sesuai keinginan dan merangkainya menjadi satu maka terciptalah karya seni rupa gelang / kalung berbagai varian warna.

  1. Hiasan Rumah

Merawat flamboyan agar tetap kecil dan rapi bisa menjadi solusi hiasan pohon di dalam rumah. Tidak menutup kemungkinan dengan merawat dan memperhatikan betul ukuran dari flamboyan sekaligus agar tetap hidup di dalam rumah akan menjadi hiasan rumah yang sangat cantik.

CARA MENANAM DAN MERAWAT POHON FLAMBOYAN

Karena flamboyan termasuk tanaman yang bisa dibilang cukup mudah untuk dirawat sendiri, maka setiap orang rumahan pasti bisa menanam dan merawatnya sendiri tanpa memanggil ahli tanaman. Berikut ini langkah – langkahnya.

  1. Pemilihan Biji

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa biji bunga flamboyan berwarna hitam. Pada penanaman awal, yang cukup sulit adalah kecambah biji. Untuk membuat biji bunga flamboyan dapat berkecambah bisa melakukan hal-hal berikut :

  • Cara pertama yang sering kali orang lakukan adalah dengan merendam biji bunga flamboyan. Proses ini dapat memakan waktu selama sehari semalam dengan menggunakan air hangat. Lalu ketika kulit biji luar flamboyan sudah terkelupas, segera tanam ke dalam pot.
  • Cara alternatif lainnya adalah dengan mengamplas setiap sisi biji flamboyan tersebut. Proses pengamplasan tidak perlu lama, setelah di amplas rendam biji dengan air selama sehari semalam. Setelah mengelupas bijinya baru bisa ditanam ke dalam pot. Kecambah yang ditanam di dalam pot akan muncul setelah 4 sampai 8 hari
  1. Melihat Kondisi Tanah

Tanah memiliki kadar air dan kadar pH. pH tanah yang cocok untuk biji bunga flamboyan adalah tanah dengan kadar pH 5 sampai 6.

Daerah yang sangat cocok untuk tanaman flamboyan adalah daerah beriklim tropis, karena tanah memiliki kandungan air yang baik walaupun memasuki musim kemarau tanaman flamboyan tidak akan mati. Beda halnya dengan iklim bersalju, tanah yang padat dan solid tidak akan bisa dilewati udara untuk pernafasan akar flamboyan.

  1. Pemindahan

Biji flamboyan yang sudah di tanam di dalam pot dan sudah tumbuh sekitar 1 meter, maka sudah boleh untuk dipindahkan ke lahan tanah asli seperti di pekarangan rumah.

Cara yang bisa dilakukan, pertama buat cekungan tanah sedalam 50 ke dalam dengan cara digali. Kemudian tanaman flamboyan kecil di dimasukkan ke dalam cekungan tanah tadi dengan posisi tanaman tegak lurus keatas.

Terakhir tutup cekungan tanah dengan menimbun tanah pastikan untuk tidak memadatkan tanah begitu padat karena akan mengganggu sistem pernafasan akar flamboyan.

  1. Pemupukan

Setelah proses penanaman selesai, langkah selanjutnya adalah proses perawatan. Perawatan pertama pemupukan pada tanaman flamboyan. Pemberian pupuk dilakukan secara berkala dan tidak berlebih yaitu 2 – 3 bulan sekali.

  1. Penyiraman

Tanaman flamboyan tidak memerlukan air yang sangat banyak. Dan pohon ini tidak terlalu membutuhkan penyiraman khusus, cukup disiram seperlunya saja. Sehari bisa disiram 1 sampai 2 kali saja.

  1. Pemangkasan

Pohon ini termasuk pohon besar, jadi pemangkasan perlu dilakukan agar pohon bisa tumbuh sesuai dengan yang kita inginkan.

Apabila kita ingin membuat tanaman flamboyan cepat besar pertumbuhan batangnya, maka pangkas batang pohon di beberapa bagian, hal ini akan merangsang pohon untuk mempercepat pertumbuhan batang dan juga akan sangat cantik keindahannya jika pohon sudah besar kelak.

Ketika pohon sudah mencapai ketinggian sekitar 12 meter, proses pemangkasan terkadang sudah tidak dilakukan lagi dan juga pemberian air.

Karena pohon ini akan tetap tumbuh dan menampilkan bunganya yang cantik saat musimnya tiba. Pohon flamboyan besar dapat dijadikan sebagai pohon peneduh baik dirumah maupun di pinggiran jalan raya sekaligus menjadi penyejuk udara dari polusi.

Jual Pohon Flamboyan Kebumen (Bibit Flamboyan – Flamboyan Besar)

Jika anda sedang mencari flamboyan, tanaman flamboyan, pohon flamboyan besar, bibit flamboyan. Anda dapat percayakan kepada kami. Kami adalah CV. Agrotani Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan pohon dan tanaman. Kami jual pohon flamboyan Kebumen mulai dari bibit pohon hingga pohon besar dengan berbagai jenisnya mulai dari flamboyan merah, flamboyan putih, flamboyan kuning, hingga flamboyan ungu. Semua pohon ini berasal dari kebun kami sendiri dan dirawat oleh petani kami yang profesional. Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas karena kami menjual pohon dan tanaman dengan menjaga kualitas tanaman kami. Semuanya berkualitas unggul.

JUal Pohon Flamboyan Kebumen – Kami senantiasa memberikan Pelayanan terbaik dan memprioritaskan Kepuasan Customer di setiap penjualan yang kami kerjakan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara. Anda bisa melihat apa saja jasa yang kami layani dan apa saja tanaman / pohon yang kami jual dengan mengklik TOMBOL INI.

Keuntungan / Benefit yang akan anda dapat dengan membeli produk di perusahaan kami:

Keuntungan Belanja Di Agrotani Sejahtera

Berikut ini adalah beberapa klien dari CV. Agrotani Sejahtera :

Darmo Hill Denpasar, PT. Gudang Garam, PT. Indonesia Morowali Industrial Park, PT Marga Harjaya Infrastruktur, MedcoEnergi, Pemerintah Kota Denpasar, Pemerintah Kabupaten Kolaka, Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Kota Pekanbaru, Kementerian Kelautan Dan Perikanan, PT. Graha Alam Lestari, PT. Jaya Arnikon, PT. Adhi Karya, PT. Waskita Karya, PT. Gunung Harta, Istana Jambu Denpasar, PT. Nindya Karya, Pemerintah Kota Denpasar, ExxonMobil Indonesia.

Kunjungi juga artikel kami lainnya :

  1. Bibit Pisang Cavendish
  2. Bibit Anggur Import
  3. Pohon Ketapang
  4. Pohon Trembesi
  5. Bunga Bougenville
  6. Bibit Gaharu
  7. Pohon Tabebuya
  8. Tanaman Hias
  9. Jasa Pembuatan Taman
  10. Jasa Pembuatan Kolam Ikan koi
  11. Alpukat Cuba
  12. Alpukat Booth 7
  13. Alpukat Pinkerton
  14. Alpukat Hass
  15. Alpukat Hong Ngoc
  16. Alpukat Yellow Vieatnam
  17. Rekomendasi tanaman Penghijaun
  18. Beringin Kupu Kupu Varigata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *