Lompat ke konten
Home » Bunga Rombusa “Butterfly Gardenia”

Bunga Rombusa “Butterfly Gardenia”

  • oleh

Bunga Rombusa, Kupu – Kupu Taman Yang Indah

tanaman Bunga hias rombusa

Bunga Rombusa (Tabernaemontana corymbosa) adalah sejenis tumbuhan berbunga dari keluarga Apocynaceae yang berasal dari daerah tropis di Asia Tenggara (Brunei, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste).

Bunga ini memiliki banyak nama umum, di antaranya “butterfly gardenia” atau “crested tabernaemontana” dalam bahasa Inggris, karena tanaman kromosan satu ini memiliki karakter bunga seperti kupu – kupu.

Karena karakter tanaman yang cantik ini  dan bunga yang memiliki aroma wangi khas, Rombusa sering digunakan sebagai tanaman hias di dalam pot karena memiliki ukuran yang kecil atau mini, untuk taman dan sebagainya.

Klasifikasi Bunga Rombusa

Berikut adalah klasifikasi ilmiah atau taksonomi dari Tanaman Bunga Rombusa :

KingdomPlantae
CladeTracheophytes
CladeAngiosperms
CladeEudicots
OrderGentianales
FamilyApocynaceae
SubfamilyRauvolfioideae
TribeTabernaemontaneae
GenusTabernaemontana
SpeciesTabernaemontana corymbosa

Jadi, nama ilmiah atau taksonomi lengkap Rombusa adalah Tabernaemontana corymbosa. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Apocynaceae, yang juga mencakup tanaman-tanaman hias populer seperti Plumeria dan Adenium.

Ciri – Ciri Bunga Rombusa

Ciri Ciri Tumbuhan Bunga Rombusa
Ciri Ciri Tumbuhan Rombusa

Tanaman Bunga Rombusa Mini memiliki karakter tanaman seperti semak yang memiliki ukuran kecil atau mini, untuk ciri – ciri lebih lengkapnya sperti berikut ini :

Daun Bunga Rombusa

Daun dari tanaman Rombusa memiliki karakter oval seperti telur tetapi dengan ujung yang meruncing dan memiliki susunan secara berlawanan di sepanjang pertumbuhan batangnya.

Bunga Rombusa

Bunga Tumbuhan Rombusa berbentuk seperti kupu – kupu atau bintang yang memiliki lima kelopak, bunganya memiliki warna putih atau putih kekuningan.

Saat berbunga bunga – bunganya akan tumbuh secara berkelompok yang biasa disebut corymb selain itu bunga dari tanaman ini mmemiliki aroma harum yang khas.

Buah Rombusa

Tanaman Rombusa juga memiliki buah, buah dari tubuhan satu ini memiliki bentuk lonjong dengan warna hijau saat buah masih muda, dan warna tersebut akan menjadi coklat jika buah sudah berumur tua atau matang yang mana di dalam buahnya berisikan biji yang kecil.

Getah Robusa

Getah dari tanaman ini memiliki warna putih seperti susu yangmana getahnya dapat keluar dari bagian batang dan daunnya.

Cara perbanyak Bunga Rombusa

Ada beberapa cara memperbanyak Bunga Rombusa, di antaranya sebagai berikut ini:

Stek batang

Untuk melakukan stek batang dapat dilakukan dengan memotong batang yang memiliki kondisi sehat dan menghentikan pertumbuhan daun pada ujungnya.

Kemudian, batang tersebut di tanam pada media taman di dalam pot atau polibag dengan media tanam yang memiliki kelembapan cukup.

Setelah dilakukan proses di atas langkah selanjutnya adalah menunggu bertumbuhnya akan pada batang, umumnya batang akan dapat tumbuh akar dalam waktu 2-3 minggu.

Setek daun

Untuk melakukan stek daun dapat dilakukan dengan cara memotong daun yang memiliki kondisi sehat setelah itu daunnya di tanam dalam pot atapun polibag dengan media tanam yang memiliki kelembapan cukup.

Selanjutnya pastikan pada bagian pangkal daun ditanam di dalam media tanam. Setelah itu kita dapat menunggu dalam kurung waktu 2 – 3 minggu dan daun akan mulai mengeluarkan akar serta akan dapat tumbuh menjadi tanaman baru.

Okulasi

Untuk melakukan okluasi pada tanaman ini melibatkan penggabungan bagian tanaman yang sehat dengan bagian tanaman lain yang telah terbukti berhasil. Teknik okulasi ini membutuhkan keahlian khusus dan biasanya dilakukan oleh petani atau ahli taman.

Biji

Karena memiliki buah dan biji, tumbuhan Rombusa juga dapat diperbanyak dengan bijian. Namun, untuk cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan hasilnya tidak selalu terjamin karena tidak semua biji akan tumbuh menjadi tanaman.

Perawatan Bunga Rombusa

Bunga Rombusa tertata

Berikut adalah beberapa tips dalam merawat Tanaman Bunga Rombusa

Penyiraman

Karena Bunga Rombusa membutuhkan tanah yang selalu dalam keadaan lembab, maka dari itu kita memerlukan penyiraman yang rutin dan cukup.

Pastikan media tanam selalu dalam keadaan lembab, tetapi jangan terlalu basah karena dapat menyebabkan pebusukan pada akarnya. Sebaiknya, dilakukan penyiraman air dengan frekuensi yang sedang dan teratur.

Pemupukan

Tumbuhan ini membutuhkan nutrisi yang cukup agar memiliki pertumbuhan yang baik dan maksimal serta dapat tumbuh subur.

Anda dapat memberikan pupuk organik atau pupuk khusus untuk tanaman hias dengan dosis yang disarankan yang biasanya berapada pada kemasannya.

Pencahayaan

Tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang cukup untuk melakukan fotosintesi yang akan membuat tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah. Tempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam setiap hari.

Pemangkasan

Tanaman Rombusa ini dapat dipangkas untuk membentuk bentuk yang sesuai dengan keinginan kita atau untuk memperbaiki pertumbuhannya. Pemangkasan juga dapat membantu mempromosikan pertumbuhan tunas baru dan mencegah tumbuhan menjadi terlalu kaku dan keras.

Perlindungan dari hama dan penyakit

Pastikan tanaman tidak terkena hama dan penyakit yang dapat merusak kesehatannya yang mana akan membuat tanaman terlihat buruk dan tidak indah lagi. Jika diperlukan, gunakan insektisida atau fungisida yang aman untuk tumbuhan.

Pemindahan Media Tanam

Rombusa membutuhkan pemindahan media tanam yang lebih besar setiap 1-2 tahun untuk memperbaharui media tanam dan memberikan ruang yang lebih luas untuk pertumbuhan akarnya.

Ketika melakukan pemindahan media tanam, pastikan untuk mengganti media tanam yang telah usang dengan media tanam baru yang subur.

Nah itulah beberapa tips cara merawat Bunga Rombusa ini, dengan perawatan yang baik maka Anda juga akan dapat menikmati keindahan bunga yang indah dan aroma yang harum dari tumbuhan ini.

Manfaat Bunga Rombusa

Tanaman Bunga Rombusa memiliki beberapa manfaat, di antaranya sebagi berikut ini :

Sebagai tanaman hias

Tumbuhan Rombusa ini sering ditanam sebagai tanaman hias untuk menghiasi taman atau halaman karena keindahan bunga dan aroma yang harum, dan dapat di tanam pada media tanah langsung atau pada pot

Pengobatan tradisional

Tumbuhan ini memiliki khasiat obat dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, demam, sakit perut, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

Kosmetik dan farmasi

Tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam industri kosmetik dan farmasi karena kandungan senyawa alkaloid yang dimiliki.

Penangkal serangga

Tumbuhan ini dapat digunakan sebagai penangkal serangga karena bunga dan daunnya mengandung senyawa yang tidak disukai oleh serangga.

Meskipun Tabernaemontana corymbosa memiliki manfaat yang bermanfaat, namun penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati karena tumbuhan ini juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat berbahaya jika digunakan secara berlebihan atau tanpa resep dokter.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli atau dokter sebelum menggunakan tumbuhan ini sebagai pengobatan.

Sekian penjelasan mengenai Bunga Rombusa dari Bang Tani, semoga dapat memberikan tambahan ilmu dan bermanfaat untuk Sobat Agro.

Jika ingin menanam Rombusa, membutuhkan tanaman ini sebagai tanaman halaman anda atau untuk kebutuhan proyek penghijauan.

Perusahaan kami CV. Agrotani Sejahtera yang menyediakan Tanaman Bunga Rombusa  maupun jenis tanaman lainnya dengan kualitas terbaik dan tentunya harga yang bersahabt juga.

Kami kelompok usaha tani yang bergerak di bidang penyediaan tanaman untuk penghijaun.

Tanaman yang kami jual merupakan hasil langsung dari petani maka dari itu tanaman dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk menanyakan harga atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPHONE 081272952618 / 081249025398.

Keuntungan / Benefit yang akan anda dapat dengan membeli produk di perusahaan kami:

Keuntungan Belanja Di Agrotani Sejahtera

Berikut ini adalah beberapa klien dari CV. Agrotani Sejahtera :

Logo Perusahaan
Logo Perusahaan

Darmo Hill Denpasar, PT. Gudang Garam, PT. Indonesia Morowali Industrial Park, PT Marga Harjaya Infrastruktur, MedcoEnergi, Pemerintah Kota Denpasar, Pemerintah Kabupaten Kolaka, Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Kota Pekanbaru, Kementerian Kelautan Dan Perikanan, PT. Graha Alam Lestari, PT. Jaya Arnikon, PT. Adhi Karya, PT. Waskita Karya, PT. Gunung Harta, Istana Jambu Denpasar, PT. Nindya Karya, Pemerintah Kota Denpasar, ExxonMobil Indonesia.

Kunjungi juga artikel kami lainnya :

  1. Bibit Pisang Cavendish
  2. Bibit Anggur Import
  3. Pohon Ketapang
  4. Pohon Trembesi
  5. Bunga Bougenville
  6. Bibit Gaharu
  7. Pohon Flamboyan
  8. Pohon Tabebuya
  9. Tanaman Hias
  10. Jasa Pembuatan Taman
  11. Jasa Pembuatan Kolam Ikan koi
  12. Alpukat Cuba
  13. Alpukat Booth 7
  14. Alpukat Pinkerton
  15. Alpukat Hass
  16. Alpukat Hong Ngoc
  17. Alpukat Yellow Vieatnam
  18. Rekomendasi Tanaman Penghijauan
  19. Beringin Kupu – Kupu Varigata
  20. Tanaman Pucuk Merah
  21. Tanaman Kayu Putih
  22. Pohon Pule
  23. Palem Kuning
  24. Palem Merah

CV AGROTANI SEJAHTERA – Jual Tanaman Dan Ikan Koi

MENDATANGKAN HASIL TERBAIK, MEMUASKAN CUSTOMER

Kami Agrotani Sejahtera merupakan sebuah usaha yang bergerak di Bidang Kontraktor Pembuatan Taman, Penghijauan, Pembuatan Kolam Ikan Koi dan Suplier Tanaman serta Ikan Koi.

Proses jasa pengerjaan di lakukan oleh tenaga ahlinya yang berpengalaman di bawah pengawasan dan pengerjaan langsung konsultan kami.

Kami sudah sangat teruji kualitas, nilai seni, tanpa mengesampingkan faktor keamanan. Karena faktor keamanan dalam proses penanaman, pembuatan taman dan kolam, sebelum atau setalah jadi sangatlah penting. Apalah arti keindahan jika mengancam keselamatan.

Tak perlu khawatir, untuk Anda yang memiliki budget terbatas karena jasa pembuatan taman akan membantu melayani sistem paket dan memberikan saran yang tepat untuk kebutuhan taman Anda.

Perusahaan kami merupakan penyedia berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman hias, bibit, pohon besar, pohon fosil, hingga tanaman tanaman langka.

Selain sebagai kontraktor taman dan penyedia tanaman kami juga  bergerak pada bidang perikanan tepatnya Ikan Koi.

Kami juga melayani jasa pembuatan kolam ikan koi yang sudah diperpacaya banyak pelanggan kami.

Kami senantiasa memberikan Pelayanan terbaik dan memprioritaskan Kepuasan Customer disetiap project yang kami kerjakan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara.

PELAYANAN KAMI

Penyedia Tanaman Hias, Bibit, Pohon Besar, Pohon Fosil, dan Pohon Langka.

Ready Stock untuk berbagai Macam tanaman, mulai dari tanaman hias, Bibit Buah, bibit pohon, Pohon besar, pohon fosil, dan pohon langka. Dengan tanaman yang lengkap akan membantu anda mendapatkan berbagai jenis tanaman yang mudah untuk di dapat di perusahaan kami.

Jasa Penghijauan dan Reboisasi

Sudah dipercaya oleh Pemerintah dan Corporate besar untuk Reboisasi atau Penghijauan Kota. Hal ini sudah teruji dan sudah dirasakan oleh banyak kalangan.

Terbukti Kami dipercaya oleh banyak kalangan dari mulai Project Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan Perorangan di Indonesia hingga Mancanegara

Jasa Landscape Taman

Keindahan taman mampu memberikan energi positif dalam diri Manusia. Pastikan Rumah, Kantor atau Istana Anda di hiasi oleh taman Indah karya Kami.

Kami melayani landscape tamaman, penyediaan tanamannya, dan hingga dalam penanamannya Anda dapat mempercayakan pada kami.

Penyedia Berbagai Jenis Ikan Koi

Kami menyediakan berbagai jenis, ukuran serta variasi umur ikan koi yang berkualitas dengan warna yang tajam, berasal dari indukan terbaik sehingga menghasilkan ikan koi grade a. Stok ikan yang kami sediakan juga kontinyu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hobi anda.

Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi

Jasa pembuatan kolam ikan koi berpengalaman dan terpercaya, dikerjakan oleh tenaga ahli profesional dan sudah berpengalaman untuk menjamin kepuasan konsumen.

Dengan adanya kolam ikan di sekitar rumah, kita dapat melihat ikan – ikan yang dapat menenangkan pikiran dan dapat menghilangkan stres.

KEUNGGULAN KAMI

Kami Selalu berfokus pada Kepuasan Customer dengan memberikan Solusi terbaik disetiap project nya. Inilah yang membuat mereka repeat order dan merekomendasikan kepada Kami

Tanaman dan Ikan Koi Berkualitas Premium

Tanaman dan Ikan Koi yang di berikan oleh Agrotani Sejahtera berkualitas tinggi, Karena pemilihan Tanaman maupun Ikan Koi tersebut langsung dengan Ahlinya, dan dengan pembudidayaan oleh tim kami sendiri yang sudah berpengalaman bertahun tahun.

Berpengalaman Lebih Dari 10 Tahun

Pengalaman yang matang akan menghasilkan kesempurnaan. Tanpa pengalaman yang matang, tidaklah mampu seseorang menghasilkan kesempurnaan. Maka dari itu Kami selalu menjadi Pilihan dan rekomendasi berbagai Kalangan untuk pembuatan Project Penghijauan, Pembuatan Kolam, dan penyedia tanaman maupun ikan koi.

Fokus Pada Kepuasan Pelanggan

Profesionalitas merupakan aspek utama kepuasan customer. Pengalaman tanpa profesionlitas? Nol besar !! Berita baiknya, jasa pembuatan taman dan kolam ikan koi kami sangat menjunjung tinggi profesionalitas. Jadi, saat jasa pembuatan kami merealisasikan taman dan kolam impian Anda, profesionalitas kamilah yang akan membuat Anda puas.

Harga Terjangkau & Garansi Penuh

Agrotani Sejahtera memberikan harga Terjangkau di setiap pelayanan kami dan memberikan Full garansi untuk setiap project dan produk yang dikirimnya.

Melayani Pengiriman Keseluruh Indonesia

Kami melayani pengiriman keseluruh Indonesia karnea kami sudah melakukan kejasama dengan berbagai ekspedisi di Indonesia.

BERIKUT BEBERAPA PROJEK PENANAMAN PENGHIJAUN KAMI

Kami telah dipercaya oleh banyak Kalangan terkaituntuk menyelesaikan projek penghijauan, Bunga dan Pohon. Mereka sudah merasakan kerjasama Project bersama kami dan menghasilkan Kepuasan.

  1. Pengerjaan Kolam Dan Taman di PT MHI
  2. Penanaman di PT IMIP MOROWALI
  3. Penghijauan Tol Jombang
  4. Pengerjaan Penghijauan Tol di Mojokerto dengan PT ADHI KARYA
  5. Suplay Tanaman Penghijauan Area Industri Untuk PT GUDANG GARAM KEDIRI
  6. Pengerjaan Penghijauan Kawasan Pesisir Di Jawa Timur Dengan Kementrian Kelautan Perikanan
  7. Dst.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *